get app
inews
Aa Read Next : Kapolres Pematang Siantar Cek Langsung Kedatangan Logistik Pemilu 2024

Idap Asam Lambung Haruskan Rawat Inap, Ulina Purba Terbantu dengan BPJS Kesehatan

Sabtu, 24 Juni 2023 | 10:01 WIB
header img
Ulina Purba (27) peserta BPJS Kesehatan saat dirawat di rumah sakit. (Foto: IST)  

PEMATANG SIANTAR, iNewsSiantar.id - Menjadi peserta program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan membantu bagi Ulina Purba (27). 

Ketika dirinya terkena penyakit asam lambung dan harus menjalani rawat inap semua biaya selama di rumah sakit di-cover BPJS Kesehatan. 

Penyakit asam lambung  sering dikenali dengan tanda–tanda nyeri yang menyengat di bagian ulu hati dan jika sudah parah lebih sering disertai adanya mual muntah hebat. Dalam kondisi tertentu, penyakit lambung ini mampu membuat penderitanya kehilangan kadar air berlebih pada tubuh yang menyebabkan dehidrasi.

“Berawal dari sakit pada perut, diikuti mual, muntah yang tidak berhenti sehingga untuk bernapas jadi susah. Karena rasa sakit yang sudah tidak tertahankan, akhirnya oleh suami dibawa ke Instalasi Gawat Darurat (IGD) Rumah Sakit Harapan di Kota Pematang Siantar untuk mendapatkan penanganan medis,” cerita Lina yang terdaftar sebagai peserta JKN segmen Pekerja Penerima Upah (PPU) belum lama ini. 

Lina melanjutkan, selama di IGD dan di ruang rawat inap ia dilayani dengan baik dan cepat, dokter dengan sabar memeriksa keluhannya dan memberikan oksigen. Dari hasil berbagai pemeriksaan dokter hasilnya mengalami asam lambung naik sampai ke kerongkongan dan di anjurkan untuk menjalani rawat inap.

"Kemungkinan saya kurang istirahat, karena sehabis makan, saya tidak tidur lagi sampai pagi. Cuaca di kota Pematang Siantar akhir-akhir ini juga tidak menentu, terkadang di siang hari suhunya panas sekali, dan di sore atau malam harinya bisa sampai hujan deras," kata Lina.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Siantar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut