KPU Sebut Proses Coklit di Sumut Sudah Capai 52 Persen

Danandaya Arya Putra
Plt Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mochammad Afifuddin. Foto: MPI

JAKARTA, iNewsSiantar.id - Plt Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mochammad Afifuddin melaporkan bahwa proses Pencocokan dan Penelitian (coklit) data pemilih untuk Pemilu 2024 di Sumatera Utara (Sumut) telah mencapai 52 persen. Sementara itu, di provinsi-provinsi dengan kepadatan penduduk rendah, proses coklit hampir selesai.

"Per kemarin Senin (8/7) pukul 10.00 WIB malam saya mendapat update dari teman-teman di KPU RI. Di Sumatera Utara, 52 persen sudah selesai coklit. Untuk provinsi dengan jumlah penduduk yang lebih sedikit, proses coklit sudah mencapai 92 persen," ujar Afifuddin dalam rapat koordinasi kesiapan penyelenggaraan Pilkada Serentak 2024 di wilayah Sumatera, melalui YouTube Kemenkopolhukam RI, Selasa (9/7/2024).

Afifuddin juga menyebut bahwa data coklit yang sudah lengkap sebagian besar berasal dari Provinsi Gorontalo. "Yang paling banyak dari Sulawesi Utara, kemudian Gorontalo hampir mencapai 100 persen," lanjutnya.

Tahapan coklit dimulai sejak 31 Mei 2024 dan akan berlangsung hingga 23 September 2024. KPU akan menetapkan calon kepala daerah yang akan berkontestasi dalam Pilkada 2024 pada 22 September 2024.

Sementara itu, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) membuka posko aduan untuk memastikan hak pilih masyarakat. Warga yang belum terdaftar saat proses coklit diimbau untuk melapor.

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network