Wali Kota Susanti Dewayani Perjuangkan 100% Warga Pematang Siantar Tercover Jaminan Kesehatan

Ricky Fernando Hutapea
Wali Kota Pematang Siantar Susanti Dewayani menandatangani pakta integritas dengan BPJS Kesehatan.(iNewsSiantar.id/Dinas Kominfo Pematang Siantar)

PEMATANG SIANTAR,iNewsSiantar.id- Wali Kota Susanti Dewayani akan berjuang keras supaya 100% warga Kota Pematang Siantar tercover program jaminan kesehatan.

Pada acara penandatanganan pakta integritas dengan BPJS Kesehatan, Senin (7/8/2023), di Balai Kota Pematang Siantar, Susanti mengatakan, saat ini 96,62% warga sudah tercover program jaminan kesehatan.

" Saya akan terus berjuang supaya warga Pematang Siantar yang tercover BPJS mencapai 100% ," ujar Susanti.

Dokter spesialis anak itu menambahkan, terkait pelayanan kesehatan Pemko Pematang Siantar juga terus membenahi fasilitas dan SDM pelayanan di Puskesmas dan RSUD Djasamen Saragih.

Dia mengatakan regulasi telah ditetapkan, namun sejumlah kendala pastinya tetap ada di lapangan,dia berharap pelayanan ke depannya lebih baik dan mampu mengcover seluruh warga sehingga masalah kesehatan masyarakat teratasi dengan baik.

Penandatanganan pakta integritas diharapkannya dapat mendorong peningkatan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

"Sesuai undang-undang, seluruh warga negara memiliki hak untuk mendapat pelayanan kesehatan yang baik dan layak," sebut Susanti.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pematang Siantar Irma Suryani dalam laporannya menyampaikan, penandatanganan pakta integritas dilaksanakan untuk kepesertaan JKN di Kota Pematang Siantar yang saat terdaftar 265.123 jiwa atau 96, 62 persen.

Dia menambahkan Dinas Kesehatan Kota Pematang Siantar, akan melaksanakan optimalisasi pelayanan kesehatan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dan Fasilitas Kesehatan Tingkat Lanjutan (FKTL). 

"Tahun 2024, kita menampung semua penduduk Kota Pematang Siantar. Mudah-mudahan dapat terakomodir,"ujar Irma.

Sedangkan Kepala Cabang BPJS Kesehatan Kota Pematang Siantar Kiki Christmar Marbun mengatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan untuk persiapan orientasi.

" BPJS mengucapkan terima kasih dan menyampaikan apresiasi kepada Wali Kota Pematang Siantar Susanti Dewayani  atas keberhasilan pencapaian jumlah masyarakat yang tercover jaminan kesehatan", ujar Kiki.

Menurut Kiki, selaras dengan Program JKN setiap tahunnya, pemerintah pusat akan memberikan penghargaan atas kepedulian pemerintah daerah kepada masyarakatnya. 

"Tentu ini sesuai visi misi Ibu Wali Kota Susanti Dewayani mewujudkan   Siantar Sehat, Sejahtera, dan Berkualitas," ujar Kiki.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Staf Ahli Wali Kota Pematang Siantar Bidang Pemerintahan Dra Happy Oikumenis Daely. 

 

Editor : Riky Fernando Hutapea

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network