get app
inews
Aa Read Next : Wali Kota Susanti Dewayani Perjuangkan 100% Warga Pematang Siantar Tercover Jaminan Kesehatan

Wali Kota Pematang Siantar Gandeng Investor Malaysia Olah Sampah di TPA Tanjung Pinggir

Selasa, 18 Juli 2023 | 13:27 WIB
header img
Wali Kota Pematang Siantar, Susanti Dewayani meninjau lokasi TPA Tanjung Pinggir, di Kecamatan Siantar Martoba.(iNewsSiantar.id/Dinas Kominfo Pematang Siantar)

PEMATANG SIANTAR,iNewsSiantar.id- Wali Kota Pematang Siantar, Susanti Dewayani menggandeng investor Malaysia untuk pengolahan sampah di TPA Tanjung Pinggir.

Usai meninjau lokasi TPA Tanjung Pinggir kemarin,Susanti mengatakan,investor yang tergabung dalam Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) tersebut akan membangun pabrik pengelolaan sampah di TPA Tanjung Pinggir Kecamatan Siantar Martoba. 

" Peninjauan bersama pihak investor asal Malaysia ke TPA Tanjung Pinggir,  merupakan tindak lanjut pertemuan dengan pengusaha dari Perhimpunan INTI  dalam pengembangan Smart City (Kota Cerdas) beberapa waktu lalu", ujar Susanti, Selasa (18/7/2023).

Perempuan murah senyum itu mengatakan, nantinya investor akan melakukan pengolahan sampah di TPA Tanjung Pinggir sekaligus mengatasi masalah di lokasi penampungan sampah di Kota Pematang Siantar.

Susanti menambahkan,sampah menjadi masalah besar dan merupakan tanggung jawab bersama dan melalui kerjasama dengan investor Malaysia nantinya diharapkan , sampah dapat dipergunakan dan diolah menjadi bahan yang bermanfaat dan berguna.

Dia berharap Dinas Lingkungan Hidup Pemko Pematang Siantar serius menindak lanjuti kerjasama dengan investor Malaysia dalam pengolahan sampah di TPA Tanjung Pinggir, dan Pemko Pematang Siantar sangat mendukungnya.

Perwakilan investor Tomi Wistan beserta tim dari Perhimpunan INTI menyampaikan, Pensutra akan menginvestasi peralatan dan teknologi pengolahan sampah di TPA Tanjung Pinggir, dengan mengolah sampah menjadi Raw Material (bahan baku yang menjadi komponen utama dalam bidang industri manufaktur).

"Industri sejenis sudah berjalan dan telah beroperasi di Penang dan Bangkok,nanti jika ada kesempatan bisa kita kunjungi", ujar Tomi.

Pada kunjungan itu  Wali Kota Susanti Dewayani  melakukan Video Call  (VC) dengan Pensutra Alliance Berhad Malaysia, Dato’ Seri Abdul Rahman Maidin dan  berharap agar tindak lanjut dari kerjasama dilaksanakan secepat mungkin. 

Ikut bersama Wali Kota meninjau TPA Tanjung Pinggir, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Dedy Tunasto Setiawan, Plt Kadis PUPR Junaidi Sitanggang ,dan sejumlah pimpinan OPD lainnya.

 

Editor : Riky Fernando Hutapea

Follow Berita iNews Siantar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut