get app
inews
Aa Read Next : BRI Gadeng Fatayat NU Labuhanbantu Salurkan Ratusan Bingkisan Sembako ke Fakir Miskin

Cegah Inflasi Jelang Idul Fitri Walikota Minta TPID Pematang Siantar Cek Rutin Bahan Pokok

Rabu, 29 Maret 2023 | 19:02 WIB
header img
Walikota Susanti Dewayani ,menghadiri High Level Meeting TPID di kantor perwakilan Bank Indonesia Pematang Siantar.(iNewsSiantar.id/Dinas Kominfo Pematang Siantar)

PEMATANG SIANTAR,iNewsSiantar.id- Menjaga stabilitas harga dan ketersediaan bahan pokok di Pematang Siantar, Walikota Susanti Dewayani mengajak Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) melakukan monitoring bersama.

Hadir di acara High Level Meeting Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) kota Pematang Siantar di Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Pematang Siantar, Rabu (29/3/2023) pagi, Susanti mengatakan ketersediaan pasokan dan kelancaran distribusi bahan pokok perlu diperhatikan bersama, agar tidak memicu masalah yang menyebabkan kelangkaan dan kenaikan harga di bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri.

Kegiatan High Level Meeting TPID diharapkannya menjadi wadah koordinasi untuk menentukan langkah-langkah antisipasi yang perlu dilakukan untuk menjaga stabilitas harga dan pasokan bahan pokok di Pematang Siantar.

"Menjadi tugas bersama memonitoring  perkembangan harga komoditas, terutama harga pangan dengan koordinasi dalam pengecekan harga barang di pasar,sehingga  pengendalian harga dapat dipantau secara rutin" , sebut Susanti.

Rapat tersebut menurutnya  sangat strategis, sebagai wujud sinergi dan komitmen bersama dalam rangka menjaga tingkat inflasi dan sebagai salah satu pra syarat pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkesinambungan.

"Dengan High Level Meeting TPID akan lebih memperkuat koordinasi dan sinergi seluruh stakeholder dalam menjaga tingkat inflasi," ujar Susanti.

Secara khusus Walikota Susanti Dewayani meminta TPID melakukan intervensi, mengecek gudang-gudang penyimpanan bahan pokok, inspeksi mendadak (sidak) pasar, dan kegiatan lain yang dapat mengendalikan inflasi di kota Pematang Siantar.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Pematang Siantar, Teuku Munandar di acara itu menyampaikan kota Pematang Siantar termasuk kota yang mampu mengendalikan inflasi. 

" Ada lima komoditas dominan penyumbang inflasi/deflasi Februari 2023,untuk komoditas penyumbang inflasi yakni bawang merah, beras, rokok kretek filter, udang basah, dan buah naga,sedangkan komoditas penyumbang deflasi yakni daging ayam ras, ikan asin teri, tomat, ikan dencis, dan wortel", ujar Munandar.

Hadir di acara tersebut Kapolres Pematang Siantar AKBP Fernando dan sejumlah pejabat terkait.

 

Editor : Riky Fernando Hutapea

Follow Berita iNews Siantar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut