get app
inews
Aa Read Next : Kembali Berharap WTP, Laporan Keuangan OPD Dijadikan Wali Kota Pematang Siantar Catatan Kinerja

Walikota Susanti Motivasi Ratusan Pelajar SMA-SMK Pematang Siantar Jadi Agen Kebencanaan

Kamis, 09 Maret 2023 | 18:48 WIB
header img
Walikota Pematang Siantar Susanti Dewayani ,memotivasi ratusan pelajar SMA dan SMK, menjadi agen kebencanaan, pada sosialiasi Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE).(iNewsSiantar.id/Dinas Kominfo Pematang Siantar)

PEMATANG SIANTAR,iNewsSiantar.id- Walikota Pematang Siantar, Susanti Dewayani memotivasi pelajar SMA dan SMK menjadi agen penyebar luasan kebencanaan di tengah keluarga dan lingkungannya.

Kepada ratusan pelajar, pada sosialisasi Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) Kebencanaan di SMK Negeri 1 Pematang Siantar, Kamis (8/3/2023), Susanti mengatakan, sebagai generasi penerus bangsa pelajar harus memiliki kepedulian memberikan pemahaman kepada masyarakat dan keluarganya, terkait penanganan dan penanggulangan bencana alam.

Dokter yang semasa aktifnya bertangan dingin menangani anak-anak di Pematang Siantar  itu,mengatakan dengan mengikuti sosialisasi KIE pelajar SMA sudah mampu mengedukasi keluarga atau masyarakat di sekitar lingkungannya terkait kebencanaan.

" Sebagai generasi penerus bangsa pelajar SMA sudah harus mulai memilki kepedulian membantu masyarakat, salah satunya dengan mengedukasi masyarakat untuk pencegahan dan penanggulangan bencana", sebut Susanti.

Dia mencontohkan pelajar SMA dapat mengedukasi keluarga dan masyarakat untuk tidak membuang sampah di sungai,,karena dapat menyebabkan banjir, menanam pohon di sekitar lingkungannya, ,mencegah erosi  atau longsor, dan melakukan langkah-langkah jika terjadi bencana.

Susanti pada kegiatan itu juga menyampaikan,Undang-Undang (UU) Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana, ditekankan bahwa penanggulangan bencana tidak hanya terpaku pada tahap tanggap darurat atau espon. 

Tetapi juga mencakup tahap pra bencana (kesiapsiagaan) dan pasca bencana (pemulihan).

"Ada tiga tahapan yang harus kita pahami, yakni pra bencana (kesiapsiagaan), bencana, dan pasca bencana," sebut Susanti.

Kegiatan sosialisasi dihadiri Kepala Pelaksana BPBD Kota Pematang Siantar Agustina Sihombing, Kepala SMK Negeri 1 Pematang Siantar diwakili Dra Junna Naibaho, para guru pendamping, dan ratusan pelajar.

 

Editor : Riky Fernando Hutapea

Follow Berita iNews Siantar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut