get app
inews
Aa Read Next : Kembali Berharap WTP, Laporan Keuangan OPD Dijadikan Wali Kota Pematang Siantar Catatan Kinerja

Senator Dedi Batubara Apresiasi Walikota Pematang Siantar Satukan Ormas Islam Gelar Tabligh Akbar

Sabtu, 04 Maret 2023 | 12:31 WIB
header img
Walikota Pematang Siantar Susanti Dewayanj bersama anggota DPD RI H Dedi Iskandar Batubara yang juga ketua PW Al-Wasliyah Sumatera Utara ,bersama para pimpinan ormas Islam di acara Tabligh Akbar menyambut Ramadhan.(iNewsSiantar.id/Kominfo Pematang Siantar)

PEMATANG SIANTAR,iNewsSiantar.id- Pemko Pematang Siantar dan tiga ormas Islam,PD Al-Washliyah, PD Muhammadiyah, dan PC Nahdlatul Ulama menggelar Tabligh Akbar menyambut Ramadhan 1444 H,Jumat (3/3/2023) malam di Lapangan H Adam Malik.

Walikota Susanti Dewayani mengaku bangga dan terharu dengan koloborasi 3 ormas Islam dan Pemko Pematang Siantar untuk menggelar kegiatan bersama menyambut bulan Puasa.

Dokter alumni UGM itu mengajak PD Al-Washliyah, PD Muhammadiyah, dan PC Nahdlatul Ulama untuk bersama-sama dengan Pemko Pematang Siantar, menjaga harmonisasi hubungan antar umat beragama dan melaksanakan kegiatan-kegiatan yang sifatnya untuk kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat.

" Saya bangga sekali Pemko Pematang Siantar dan PD Al-Washliyah, PD Muhammadiyah, serta PC Nahdlatul Ulama bersama-sama mempersiapkan Tabligh Akbar menyambut Ramadhan 1444 H, hingga dapat berjalan dengan baik", ujar Susanti.

Susanti berharap Tabligh Akbar menyambut Ramadhan 1444 H, semakin meningkatkan iman dan taqwa umat Islam menghadapi bulan Puasa yang sudah semakin dekat.

Perempuan pertama yang menjadi walikota Pematang Siantar itu menambahkan, pemerintaj daerah mempunyai komitmen yang tinggi dan tetap konsisten di dalam program-program penguatan nilai-nilai keagamaan ,yang sudah tertuang di dalam visi misi walikota dan juga tertuang di dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Pemko Pematang Siantar.

Susanti juga mengaku terharu melihat para tokoh-tokoh, para pemimpin organisasi masyarakat yang besar yang ada di Kota Pematang Siantar berdiri bersama bersatu padu, berkolaborasi, dan bekerja sama untuk sesuatu kegiatan yang sifatnya untuk kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat Kota Pematang Siantar.

Secara khusus dia berharap umat Islam di kota Pematang Siantar saling bersatu, rukun, damai, dan duduk bersama di antara masyarakat yang mungkin berbeda keimanan.

" Jika itu semua terjadi, insya Allah ,kota Pematang Siantar menjadi kota toleransi semakin dekat di depan kita," ujar Susanti yang disambut tepuk tangan umat yang hadir pada Tabligh Akbar.

Sebelumnya, Ketua PW Al-Washliyah Sumatera Utara (Sumut) H Dedi Iskandar Batubara menyampaikan, malam itu sejarah besar kembali diukir oleh ormas-ormas Islam di Kota Pematang Siantar. 

Sebab kegiatan tersebut bukan sekadar Tabligh Akbar menyambut bulan suci Ramadhan,tetapi ada pesan yang ingin disampaikan dari tanah yang luar biasa, tempat lahirnya Wakil Presiden Republik Indonesia Adam Malik. 

Dimana, tidak pernah ada perbedaan sesungguhnya dalam urusan-urusan prinsip antara Al Washliyah, Nahdlatul Ulama, dan Muhammadiyah.

"Ini yang saya kira paling penting bagi kita, sehingga sampai kapanpun tidak akan mungkin ada potensi konflik yang lahir kalau semua ormas-ormas Islam kompak dan bersama dalam upaya memajukan kota ini," sebut Dedi.

Ditambahkan Dedi , masyarakat kota Pematang Siantar patut berbahagia karena memiliki Walikota yang begitu peduli.

"Terima kasih Bu Walikota,komitmen ini tentu saja menjadi semangat bagi ormas-ormas Islam, tidak hanya di Pematang Siantar, tapi juga di daerah-daerah lainnya. Selama kita semua bisa bersama, maka tidak mungkin ada perpecahan yang terjadi di antara kita," ujar senator asal Sumatera Utara itu.

Kegiatan juga dimeriahkan penampilan penceramah Ustadz Anugrah Cahyadi (Ucay), Finalis Aksi Indonesia 2022.

Hadir pada kegiatan Tabligh Akbar ini, Ketua PD Al-Washliyah Kota Pematang Siantar M Ishak Hutasuhut, Ketua PC Nahdlatul Ulama H Maranaik Hasibuan MA, Ketua PD Muhammadiyah Pematang Siantar Ir HM Amin Siregar, Forkompimda dan para alim ulama, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan tokoh pemuda.

 

Editor : Riky Fernando Hutapea

Follow Berita iNews Siantar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut