get app
inews
Aa Read Next : Wujudkan Pasar Tertib Ukur di Pematang Siantar,Dinas Koperasi Gelar Sidang Tera Ulang

Wabup Zonny Waldy Harapkan Koloborasi Stakeholder Wujudkan Simalungun KLA 2023

Selasa, 14 Februari 2023 | 15:33 WIB
header img
Wakil Bupati Simalungun,H Zonny Waldy membubuhkan tanda tangan, sebagai pembina Satgas KLA ,di acara simulasi dan persiapan pengisian indikator KLA 2023.(iNewsSiantar.id/Ist)

SIMALUNGUN,iNewsSiantar.id- Wakil Bupati (Wabup) Simalungun H Zonny Waldi mengharapkan koloborasi seluruh stakeholder mewujudkan Kabupaten Layak Anak (KLA) 2023.

Harapan itu disampaikan Zonny,di acara simulasi dan persiapan pengisian indikator KLA 2023 di pendopo rumah dinas bupati di Pematang Raya, Selasa (14/2/2023).

Dia mengatakan Pemkab Simalungun tahun 2022, sudah mengeluarkan Perda No 7 Tahun 2022, tentang KLA.

"Semoga dengan regulasi yang ada saat ini, kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan perlindungan anak dapat berjalan dengan baik ke depan," sebut Zonny.

Menurutnya, anak merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Kuasa sebagai penyejuk, dan menentramkan di tengah-tengah kekuarga,dan anak juga sebagai cobaan bagi orang tua, manakala  tidak mendidiknya dengan baik.

Oleh karena itu Zonny berharap untuk  bersinergi dan berkolaborasi memberikan pendidikan dan perlindungan kepada anak-anak kabupaten Simalungun, sehingga dapat menjadi generasi yang baik, cerdas, sehat, berkualitas ,menjadi harapan bangsa dan menjadi generasi emas  Indonesia.

Kegiatan yang digelar Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) antara lain bertujuan untuk membangun komunikasi, komitmen sinergitas antara pemerintah, lembaga masyarakat, dunia usaha, media massa dan stakeholder lainnya, yang terhimpun dalam wadah gugus tugas KLA.

Gugus tugas itu nantinya akan  meningkatkan implementasi capaian 24 indikator KLA, yang terhimpun dalam 1 kluster kelembagaan, 4 kluster pemenuhan hak anak, 1 kluster  perlindungan hak anak, ditambah sub kluster kecamatan, desa/kelurahan ramah anak.

Kadis PPPA Pemkab Simalungun Sri Wahyuni , sebelumnya melaporkan kegiatan diikuti tim monitoring evaluasi KLA ,dan narasumber dari provinsi Sumatera Utara, lembaga pemerintahan, perangkat daerah yang tergabung dalam satgas KLA, dunia usaha, lembaga masyarakat  dan media massa, serta Forasima (Forum Anak Simalungun).

Mewakili Kadis PPPAKB Sumatera Utara, Roima Harahap, dalam sambutannya antara lain menyampaikan, tahun 2022 dari 33 kabupaten dan kota di Sumatera Utara, 21 diantaranya mendapat penghargaan. 

Untuk Simalungun pada tahun 2022 masuk dalam verifikasi administrasi penyelenggaraan KLA,oleh karena itu diharapkan kepada seluruh stakeholders agar berkolaborasi dengan baik untuk mewujudkan Simalungun menjadi KLA di tahun 2023.

Editor : Riky Fernando Hutapea

Follow Berita iNews Siantar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut