get app
inews
Aa Read Next : Ada yang Tahu Berapa Jumlah Umat Islam Ketika Nabi Muhammad SAW Wafat

Khadijah Binti Khuwailid, Berikut 7 Keistimewaan Istri Nabi Muhammad SAW Ini 

Rabu, 28 September 2022 | 11:39 WIB
header img
Khadijah binti Khuwailid keteladananya menjadi contoh bagi istri-istri kaum Muslim hingga akhir masa. Foto: SINDOnews/Ist

6. Usia Khadijah lebih tua 15 tahun dari Nabi Muhammad
Khadijah telah mematahkan cara pandang umum tentang pernikahan di mana perempuan harus lebih muda dari laki-laki. Khadijah menikah dengan Muhammad Shallallahu alaihi wassallam saat usianya sudah 40 tahun. Sedangkan Nabi Muhammad masih berusia 25 tahun.

7. Khadijah contoh istri ideal
Rumah tangga dibangun Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam dengan Khadijah menjadi contoh sekaligus teladan bagi umat. Mereka adalah bukti kisah cinta sejati. Sebagaimana firman Allah, "Istrimu adalah pakaian bagimu, dan kamu adalah pakaian bagi mereka." (QS Al Baqarah: 187)

Budaya poligami merupakan sesuatu yang lumrah, akan tetapi Khadijah dan Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam mengamalkan praktik monagami hingga Khadijah meninggal setelah mengarungi bahtera pernikahan selama 25 tahun.

Fase kenabian Muhammad Shallallahu alaihi wassallam dimulai saat masih dalam ikatan pernikahan dengan Khadijah. Nabi Muhammad menerima wahyu pertama dari Allah Subhanahu wa ta'ala melalui malaikat Jibril di Gua Hira. Nabi Muhammad pulang ke rumah dalam keadaan ketakutan dan tertekan.

Khadijah kemudian melindungi dan meyakinkan suaminya dalam masa-masa sulit yang hadir dalam hidupnya. Bersama Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam, Khadijah dianugerahi enam anak.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Siantar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut