get app
inews
Aa Read Next : Jannes Kilon Diaz Ngaku Nabi Mau Membubarkan Islam Dicokok di Tebing Tinggi

Ada yang Tahu Berapa Jumlah Umat Islam Ketika Nabi Muhammad SAW Wafat

Selasa, 02 April 2024 | 13:37 WIB
header img
Sepanjang hidupnya, Nabi Muhammad SAW berdakwah dan menyebarkan Islam, tidak hanya di masyarakat Arab, tetapi juga ke berbagai penjuru dunia. Namun, tahukah Anda berapa jumlah umat Islam pada saat beliau wafat? (Foto/Wikimedia Commons/Okezone)

JAKARTA, Pematangsiantar.id - Nabi Muhammad SAW diketahui wafat pada hari Senin di bulan Rabi'ul Awwal. Tanggal yang paling populer adalah tanggal 12, namun ada pendapat lain yang menyebutkan awal bulan atau bahkan tanggal 2.

Sepanjang hidupnya, Nabi Muhammad SAW berdakwah dan menyebarkan Islam, tidak hanya di masyarakat Arab, tetapi juga ke berbagai penjuru dunia. Namun, tahukah Anda berapa jumlah umat Islam pada saat beliau wafat?

Menurut kitab Sirah Nabi Muhammad karya Al Hafizh Ibnu Katsir, Imam Abu Abdullah ash-Shafi'i memperkirakan bahwa sekitar 60.000 orang telah memeluk Islam saat wafatnya Rasulullah. Sekitar setengahnya tinggal di Madinah, sementara 30.000 lainnya tersebar di berbagai daerah.

Sumber lain menyebutkan jumlah yang lebih besar yang pernah secara langsung menyaksikan dan mendengar ajaran Nabi Muhammad SAW. Al-Hafizh Abu Zur'ah 'Ubaidillah bin 'Abdul Karim ar-Razi menyatakan bahwa lebih dari 100.000 orang pernah melihat dan mendengar langsung dari beliau selama hidupnya.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Siantar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut