get app
inews
Aa Read Next : Bupati Radiapoh Sinaga Menikmati Keindahan Danau Toba Bersama Anak-Anak Desa di WIS

Pimpinan OPD Dimarahi Bupati Simalungun, Anggaran Rumah Tangganya Muncul di Media

Rabu, 29 Maret 2023 | 12:35 WIB
header img
Bupati Simalungun Radiapoh H Sinaga.(iNewsSiantar.id/Ist)

SIMALUNGUN,iNewsSiantar.id- Bupati Simalungun Radiapoh H Sinaga dikabarkan marah besar kepada para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah ( OPD), karena anggaran keperluan rumah tangga dinasnya bisa bocor dan diberitakan media.

Informasi yang diperoleh, Rabu (29/3/2023) kemarahan Bupati Radiapoh H Sinaga kepada para pimpinan OPD, diluapkan pasca anggaran pembelian tempat tidurnya, yang mencapai Rp 236 juta dan biaya kebersihan rumah dinasnya di Pematang Raya yang jarang ditempatinya, mencapai Rp 200 juta lebih, muncul di media belum lama ini.

" Berarti diantara pejabat ada yang membocorkan kepada wartawan atau LSM, sehingga bisa tahu secara rinci anggaran rumah tangga bupati", ujar Radiapoh di hadapan para pimpinan OPD pada rapat awal pekan kemarin.

Bupati Radiapoh berharap para pimpinan OPD mampu menjalin hubungan yang baik dengan wartawan dan LSM, sehingga kemitraan bisa berjalan dengan harmonis.

Pada rapat dengan pimpinan OPD awal pekan kemarin Bupati Radiapoh H Sinaga juga melarang para kepala dinas dan badan membawa handphone ke ruang rapat, karena khawatir, apa yang dibahas akan bocor ke media.

Sebelumnya Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Bina Daya Sejahtera Simalungun (BIDASESI), mengungkap dugaan pemborosan anggaran, sekaligus indikasi korupsi dalam pembelian keperluan Rumah Tangga (RT) Bupati Simalungun Radiapoh H Sinaga yang dibeli dengan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran (TA) 2022,seperti tempat tidur seharga Rp236,4 juta.

Ketua DPP Komite Nasional Pemuda Simalungun Indonesia (KNPSI) Janwiserdo Saragih, juga mengaku kecewa  Bupati Simalungun terkesan melakukan pembiaran pemborosan uang rakyat untuk anggaran kebersihan rumah dinasnya ,yang menghabiskan anggaran ratusan juta rupiah namun tidak pernah ditempati.

" Untuk apa dianggarkan dana kebersihan rumah dinas bupati Simalungun di Pematang Raya hingga ratusan juta rupiah,padahak bupati sepertinya tak suka tinggal disitu, karena sepengetahuan saya belum pernah bupati dan keluarganya tidur di rumah dinasnya yang dibangun dengan anggaran miliaran itu," ujar Janwiserdo.

Janwiserdo menilai Bupati Simalungun Radiapoh H Sinaga terkesan suka menghamburkan uang rakyat seperti membeli tempat tidurnya yang mencapai Rp 236 juta , sarung bantal kursi Rp 247,3 juta,tusuk gigi Rp8,6 juta,sumpit Rp 7,6 juta dan handuk Rp16 juta menggunakan APBD TA 2022.

Kepala Dinas Kominfo Pemkab Simalungun, Andri Rahadian, yang dikonfirmasi via pesa. Whats App (WA)  terkait Bupati Radiapoh H Sinaga marah kepada pimpinan OPD pada rapat awal.pekan kemarin, karena anggaran rumah tangganya muncul di media, tidak menanggapi.

 

Editor : Riky Fernando Hutapea

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut