get app
inews
Aa
Read Next : Kapolres Pematang Siantar Cek Langsung Kedatangan Logistik Pemilu 2024

Hadiri Milad-42 BKMT ,Walikota Susanti Sebut Pematang Siantar Menjunjung Tinggi Toleransi Beragama

Minggu, 29 Januari 2023 | 21:52 WIB
header img
Walikota Pematang Siantar Susanti Dewayani menyerahkan bantuan bagi fakir miskin dan kaum dhuafa di acara milad-42 BKMT,Minggu (29/1/2023).(iNewsSiantar.id/Dinas Kominfo Pematang Siantar)

PEMATANG SIANTAR,iNewsSiantar.id- Walikota Pematang Siantar Susanti Dewayani,berharap Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT),meningkatkan kemampuan dan peranan Majelis Taklim dalam meningkatkan syiar Islam dan kecerdasan umat.

Hal itu disampaikannya di acara milad ke-42 BKMT yang dirangkai tabligh akbar bersama KH M Syauqi MZ, yang merupakan putra almarhum KH Zainuddin MZ, di lapangan H Adam Malik, Pematang Siantar, Minggu (29/1/2023).

Susanti mengatakan BKMT merupakan induk seluruh Majelis Taklim yang juga notabene forum bersama dan tempat bertukar pendapat 

Di acara yang dihadiri peserta dari sejumlah daerah, Susanti mengatakan , kota Pematang Siantar merupakan miniatur Indonesia, yakni majemuk dan heterogen, namun tetap menjunjung tinggi toleransi, khususnya hubungan antar umat beragama.

"Kota Pematang Siantar terdiri atas beragam suku bangsa, agama, dan juga latar belakang pendidikan. Namun perbedaan-perbedaan tersebut menjadi kekuatan untuk mewujudkan Pematang Siantar Sehat, Sejahtera, dan Berkualitas," ujar Susanti.

Susanti mengatakan BKMT yang didominasi oleh kaum perempuan,menjadi peran sentral bagi keluarga untuk mendidik putra dan putrinya. 

Ketua PW BKMT Provinsi Sumatera Utara (Sumut)  Hj Rosmawati Harahap dalam sambutannya menyampaikan  sejarah lahirnya organisasi BKMT.

Dia mengatakan  BKMT berdiri tanggal 1 Januari 1981 di Jakarta dan lahir dari kesepakatan lebih dari 735 Majelis Taklim yang ada di wilayah Jakarta dan sekitarnya. 

Pada acara Milad BKMT ke-42 di Kota Pematang Siantar sebanyak12 BKMT kabupaten dan kota hadir dan ditutup dengan pembagian santunan kepada fakir miskin dan kaum dhuafa.

Hadir di acara itu, anggota DPR RI Ahmad Doli Kurnia, anggota DPRD Sumatera Utara Gusmiyadi, Ketua MUI kota Pematang Siantar Drs HM Ali Lubis, Ketua PD BKMT Kota Pematang Siantar Hj Ernayati Saragih, pimpinan sejumlah pondok pesantren, serta pimpinan OPD Pemko Pematang Siantar.

Editor : Riky Fernando Hutapea

Follow Berita iNews Siantar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut