Berbalas Pantun 1.848 Siswa SMP-SMA di Gebyar UMKM Pematang Siantar Masuk Rekor MURI

Ricky Fernando Hutapea
.
Kamis, 24 November 2022 | 20:03 WIB
Walikota Pematang Siantar Susanti Dewayani didampingi ketua Dekranasda H Kusma Erizal Ginting, menerima piagam rekor MURI Marumpasa dalam bahasa Simalungun , oleh 1.848 siswa SMP-SMA.(iNewsSiantar.id/Dinas Kominfo Pemko Pematang Siantar)

PEMATANG SIANTAR,iNewsSiantar.id- Sebanyak 1.848 siswa SMP dan SMA se kota Pematang Siantar mencatatkan Berbalas Pantun (Marumpasa) dalam bahasa daerah Simalungun di Museum Rekor Indonesia (MURI), pada acara Gebyar UMKM di Lapangan H Adam Malik Pematang Siantar, Kamis (24/11/2022).

Perwakilan MURI dari Jakarta Lutvi Syah Pradana, mengatakan Marumpasa dalam bahasa Simalungun yang dibawakan 1.848 siswa SMP dan SMA se kota Pematang Siantar seharusnya lebih layak masuk museum rekor dunia.

" Seharusnya Marumpasa dalam bahasa Simalungun oleh 1.848 siswa SMP dan SMA se kota Pematang Siantar lebih layak masuk museum rekor dunia", ujar Lutvi.

Wali Kota Pematang Siantar Susanti Dewayani mengatakan dicatatkan kegiatan Marumpasa dalam bahasa Simalungun pada MURI di acara Gebyar UMKM Pematang Siantar Tahun 2022 diharapkan merupakan koloborasi pelestarian bahasa daerah yang merupakan bagian dari budaya dan pengembangan UMKM dan cinta produk dalam negeri.

" Gebyar UMKM Pematang Siantar Tahun 2022 diharapkan menjadi media promosi UMKM dan cinta produk dalam negeri serta melestarikan budaya, sehingga ke depan bisa berkoloborasi untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah dan kesejahteraan masyarakat", ujar Susanti.

Dia menambahkan upaya melahirkan inovasi aktivitas ekonomi baru,  dapat dilakukan antara lain melalui pengembangan UMKM berbasis ekonomi kreatif.

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) kota Pematang Sianțar H Kusma Erizal Ginting mengatakan  Gebyar UMKM Kota Pematang Sianțar Tahun 2022 bertujuan membangun semangatmencintai produk lokal (UMKM) karena itu dikaitkan dengan penampilan Marumpasa atau Berbalas Pantun dalam bahasa Simalungun yang merupakan bagian dari budaya lokal yang juga harus dijaga kelesatariannya.

" Mari cintai budaya daerah mu, cintai produk UMKM daerah, untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah dan masyarakat Pematang Siantar sejahtera", ujar Erizal.
Kegiatan Gebyar UMKM Kota Pematang Siantar Tahun 2022  diikuti 50 penyedia produk UMKM ,dimeriahkan dengan pagelaran seni budaya,senam sehat dan pemeriksaan kesehatan bagi pengunjung.

Ketua DPRD Kota Pematang Sianțar Timbul Marganda Lingga dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan anggota DPRD Baren Alijoyo Purba, mengharapkan, kegiatan tersebut menambah semangat pelaku UMKM, berinovasi dan berkreasi guna  meningkatkan kualitas dan kuantitas produk unggulan masing-masing.

Editor : Riky Fernando Hutapea
Bagikan Artikel Ini