Logo Network
Network

Nonjobkan Pejabat Berprestasi Wali Kota Pematang Siantar Dituding Arogansi Kekuasaan

Ricky Fernando Hutapea
.
Kamis, 29 September 2022 | 12:58 WIB
Nonjobkan Pejabat Berprestasi Wali Kota Pematang Siantar Dituding Arogansi Kekuasaan
Direktur ILAJ Fawer Full Fander Sihite,M.Si (iNewsSiantar.id/Ist)

PEMATANG SIANTAR,iNewsSiantar.id- Walikota Pematang Siantar Susanti Dewayani dituding mempertontonkan arogansi kekuasaan menonjobkan pejabat tanpa pelanggaran atau membuat kesalahan.

Apalagi pejabat yang dinonjobkan merupakan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang kinerjanya baik yang dengan inovasi atau gagasannya ,membawa kota Pematang Siantar masuk nominasi 20 besar lomba inovasi tingkat provinsi Sumatera Utara.

Direktur Institute Law and Justice (ILAJ,), Fawer Full Fander Sihite M.Si sangat menyayangkan sikap arogansi walikota Susanti Dewayani yang baru sebulan dilantik telah melakukab tindakan semena-mena dalam pengangkatan dan penempatan pejabat.

" Memang mengangkat dan memberhentikan pejabat di lingkungan Pemko Pematang Siantar merupakan kewenangan walikota, namun tidak boleh juga tidak sesuai aturan dan ketentuan yang ada", ujar Fawer.

Terkait penonjoban pejabat berprestasi seperti terhadap salah satu pejabat di Dinas Pendapatan, Subrata Nata Lumban Tobing yang menggagasi inovasi " Integrasi 
Sistim Pemungutan Pajak Restoran atas kegiatan Makan dan Minum", hingga masuk 20 besar lomba inovasi tingkat provinsi Sumatera Utara, sangatlah kurang tepat.

" Pejabat berprestasi dan boleh disebut tanpa pelanggaran atau kesalahan dinonjobkan, bukan malah diberi jabatan lebih tinggi, penilaian walikota itu bagaimana, dan mau jadi apa kota ini (Pematang Siantar) jika penempatan pejabat sesuka hati walikota," sebut Fawer.

Sebelumnya sekda kota Pematang Siantar, Budi Utari yang dikonfirmasi terkait penempatan pejabat apakah sudah melalui Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat) mengatakan sudah dilakukan.

" Sudah dilakukan penilaian oleh Baperjakat", ujarnya singkat.

Editor : Riky Fernando Hutapea

Follow Berita iNews Siantar di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.