Pansus dan Interplasi Ketidakhadiran Wali Kota Pematang Siantar di RDP Masuk Angin 

Ricky Fernando Hutapea
.
Senin, 26 September 2022 | 12:40 WIB
Anggota DPRD Pematang Siantar fraksi PDIP mengusulkan pembentukan panitia khusus menyikapi ketidak hadiran walikota Susanti Dewayani pada RDP ,Senin (19/9/2022) kemarin.(iNewsSiantar.id/Ist)

PEMATANG SIANTAR,iNewsSiantar.id- Usulan pembentukan panitia khusus (pansus) dan hak interplasi DPRD Pematang Siantar terkait ketidakhadiran wali kota Pematang Siantar Susanti Dewayani pada Rapat Dengar Pendapat (RDP), awal pekan kemarin ,Senin (19/9/2022) diduga  masuk angin.

Pasalnya meski sudah sepekan berlalu DPRD Pematang Siantar belum menentukan sikap hingga saat ini,apakah akan membentuk pansus atau interplasi.

Padahal pada RDP yang digelar 19 September 2022 lalu dengan agenda meminta penjelasan walikota terkait mutasi pejabat, perpanjangan jabatan dirut PDAM Tirtauli ,pembangunan GOR dan rendahnya serapan APBD TA 2022, sebagian besar anggota DPRD Pematang Siantar berang karena walikota tidak hadir hingga rapat diskors 3 kali.

Kala itu anggota DPRD Pematang Siantar, Netty Sianturi, Baren Alijoyo Purba, Suwandi A Sinaga, Ferry SP Sinamo,Ilhamsyah Sinaga mengusulkan supaya dibentuk pansus dan interplasi karena menilai walikota tidak menghormati lembaga legislatif tidak hadir RDP tanpa pemberitahuan.

Namun sepekan pasca RDP, usulan pembentuan pansus dan interplasi sudah dingin dan terancam masuk angin bahkan,pada rapat paripurna pembahasan P-APBD,  walikota Susanti Dewayani  juga tidak menjelaskan apa penyebabnya tidak hadir di RDP meski dipertanyakan juga oleh fraksi Golkar pada pemandangan umum fraksi.

Wakil ketua DPRD Pematang Siantar, Ronald Darwin Tampubolon yang dikonfirmasi terkait belum adanya kepastian sikap dewan membentuk pansus dan interplasi terkait ketidak hadiran walikota Susanti Dewayani pada RDP mengatakan, alasannya karena belum adanya rapat pimpinan dewan.

" Belum ada rapat pimpinan DPRD Pematang Siantar", ujar Ronald.

Editor : Riky Fernando Hutapea
Bagikan Artikel Ini