Penyakit Asam Lambung Tak Kunjung Sembuh, Perhatikan Gaya Hidup Anda dan Ikuti Saran Ini

Muhammad Sukardi
.
Kamis, 14 Juli 2022 | 15:35 WIB
Penyakit asam lambung tidak kunjung sembuh? Maka coba perhatikan gaya hidup Anda. (Foto: Shutterstock)

PENYAKIT asam lambung tidak kunjung sembuh? Maka coba perhatikan gaya hidup Anda.Mengapa demikian? Ini disebabkan karena asam lambung erat kaitannya dengan gaya hidup atau lifestyle.   

Salah satu tanda kalau Anda punya masalah asam lambung adalah nyeri di bagian perut bawah atau bahkan terasa sesak di ulu hati. Bahkan, pada beberapa kasus asam lambung bisa ditandai juga dengan suara serak dan sering sakit tenggorokan.  

"Suara serak atau sakit tenggorokan bukan hanya gejala flu, tapi itu juga bisa terjadi akibat katup sfingter esofagus bagian bawah bereaksi akibat tingginya asam lambung," terang laman Stomach Guide, dikutip Kamis (14/7/2022). 

Istilah medis untuk masalah ini adalah refluks gastroesofageal atau jika aliran balik asamnya disebut refluks asam. Jika refluks asam terjadi, itu menyebabkan sakit tenggorokan dan suara benar-benar serak. Kalau sudah begini, mulut biasanya akan terasa tidak enak.  

Salah satu saran yang ditawarkan dan diklaim berhasil adalah diet rendah karbohidrat. Ketika seseorang mengurangi asupan karbohidrat harian, gejala asam lambung bisa terkendali.  

"Karbohidrat yang tidak tercerna dengan baik di dalam sistem pencernaan dapat menyebabkan pertumbuhan bakteri yang berlebihan dan peningkatan tekanan di dalam perut yang mana itu berkontribusi pada refluks asam," terang laporan itu. 

Selain diet rendah karbohidrat, perubahan gaya hidup pun penting. Seperti dijelaskan di awal bahwa asam lambung sangat berkaitan dengan lifestyle, untuk itu ubah gaya hidup Anda menjadi lebih sehat. 

Lantas bagaimana caranya? Berikut ini hal yang harus dilakukan: 
1. Berhenti merokok 
2. Menurunkan berat badan jika Anda kelebihan berat badan 

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini