get app
inews
Aa Read Next : Dukung Upaya Penurunan Stunting, PT Socfindo Salurkan Bantuan Makanan Bergizi

Cagah Stunting Usia Dini, Ibu Hamil dan Menyusui Konsumsi Protein Hewani, Ikan Nila Danau Toba

Minggu, 10 September 2023 | 12:38 WIB
header img
Ibu hamil (bumil) dan ibu menyusui (busui) mengkonsumsi ikan Tilapia (Ikan Mujahir) untuk mencegah stunting demi menciptakan generasi yang sehat, kuat dan cerdas. foto: dok

SIMALUNGUN, iNewsSiantar.id - Analis akuakultur bidang perikanan budidaya pengolahan dan pemasaran hasil perikanan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Utara menyarankan ibu hamil (bumil) dan ibu menyusui (busui) mengkonsumsi ikan Tilapia (Ikan Mujahir) untuk mencegah stunting demi menciptakan generasi yang sehat, kuat dan cerdas .

Analis akuakultur bidang perikanan budidaya pengolahan dan pemasaran hasil perikanan Widoo, S.Pi mengatakan, dengan rutin mengkonsumsi protein hewani ikan Tilapia (Ikan Mujahir) masyarakat khususnya ibu hamil (bumil) dan ibu menyusui (busui) akan terpenuhi pemenuhan asupan gizi selama kehamilan dan selama menyusui, karena protein hewani dinilai efektif dalam mencegah anak mengalami stunting. 

”Ikan Tilapia (Ikan Mujahir) mempunyai kandungan zat gizi yang lengkap, kaya protein dan mengandung vitamin yang sangat penting dalam mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini,”ujar Analis akuakultur bidang perikanan budidaya pengolahan dan pemasaran hasil perikanan Widoo, S.Pi.

Widodo, S.Pi dalam keterangan tertulisnya juga mengatakan, Ibu hamil yang mengalami kurang gizi beresiko melahirkan bayi dengan berat badan lahir rendah. Oleh karena itulah, ibu hamil perlu memahami dan menjalankan pola hidup sehat agar keadaaan gizi ibu terjaga serta janin tetap sehat.

Selain itu, asupan protein hewani pada ibu hamil sangat penting dalam mencegah stunting pada janin yang dikandungnya. Gangguan pertumbuhan janin dalam kandungan menjadi salah satu penyebab utama anak lahir stunting,”terang Widodo

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Siantar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut