get app
inews
Aa Read Next : Raih Opini WTP ,Wali Kota Susanti Buktikan Diri Perempuan Mampu Memimpin Pematang Siantar

Pemko Pematang Siantar,TNI dan Polri Kompak Cegah Kanker Serviks Gelar Gebyar IVA Test

Senin, 05 Juni 2023 | 22:29 WIB
header img
Ketua YKI Pematang Siantar,H Kusma Erizal Ginting menghadiri Gebyar IVA Test yang dilaksanakan bersama Pemko Pematang Siantar, TNI dan Polri,sebagai upaya mencegah kanker serviks.(iNewsSiantar.id/Dinas Kominfo Pematang Siantar)

PEMATANG SIANTAR,iNewsSiantar.id- Wali Kota Susanti Dewayani menghimbau kaum perempuan di Pematang Siantar peduli kanker leher rahim atau serviks dengan rutin melakikan IVA Test.

Harapan itu disampaikannya dalam sambutan yang dibacakan Staf Ahli Wali Kota  Happy Oikumenis Daely, di acara Gebyar IVA Test bertempat di Makoramil 03/SS, Jalan Melanthon Siregar ,kecamatan Siantar Marihat ,kota Pematang Siantar, Senin (5/6/2023).

"Deteksi dini kanker dengan rutin periksa diri, tidak hanya dapat menurunkan angka kematian , namun juga meningkatkan kualitas hidup penderitanya", sebut Happy membacakan sambutan Wali Kota Susanti Dewayani.

Menurut Susanti,IVA Test, dianjurkan untuk dilakukan kaum wanita yang berusia di atas 30 tahun,khususnya wanita yang sudah melakukan hubungan suami-istri dan test dapat diulang setiap lima tahun sekali.

Jika hasil  IVA Test, ada yang harus mendapat penanganan khusus, maka dapat langsung diberikan tindakan cepat.

Gebyar IVA Test diharapkannya.akan  menjadi moment meningkatkan kesadaran masyarakat global terhadap bahaya penyakit kanker,serta mendorong pencegahan, deteksi dini, serta pengobatannya.

Ketua TP PKK yang juga Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) kota Pematang Siantar H Kusma Erizal Ginting ikut hadir dalam acara itu  mengatakan, kanker sebenarnya dapat didiagnosis secara dini.

"Gebyar IVA Test merupakan salah satu upaya pemerintah untuk memotivasi masyarakat tidak takut memeriksakan diri secara rutin,sehingga jika terdeteksi kanker dapat cepat ditangani", sebut Erizal.

Erizal menambahkan dengan penanganan cepat, peluang kesembuhan kanker serviks dapat meningkat.

"IVA Test adalah cara mudah dan cepat dalam mendeteksi dini kanker serviks, karena hasilnya langsung bisa diketahui apakah seseorang hasilnya positif atau negatif," ujar Erizal.

Ketua Persit KCK Cabang XXXIV 0207/Simalungun Ny Tina Yossy dalam sambutannya menyampaikan mengapresiasi kepada tiga pilar, yaitu TNI, ASN, dan Polri serta stakeholder atas kontribusinya dalam menyukseskan kegiatan tersebut.

"Saya juga mengimbau kepada ibu-ibu , mari aktif deteksi dini kanker, baik individu maupun kelompok, yang akan mengurangi beban dan masalah kanker termasuk kanker serviks," kata istri Dandim 0207 Simalungun itu.

 

Editor : Riky Fernando Hutapea

Follow Berita iNews Siantar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut