get app
inews
Aa Read Next : Pemko Pematang Siantar,TNI dan Polri Kompak Cegah Kanker Serviks Gelar Gebyar IVA Test

Wali Kota Minta Petani Tingkatkan Produksi Padi,Pemko Pematang Siantar Siapkan 20 Ton Bibit

Senin, 08 Mei 2023 | 18:40 WIB
header img
Wali Kota Pematang Siantar,Susanti Dewayani, menyerahkan bantuan bibit padi kepada kelompok tani ,pada panen raya di kelurahan BP Nauli, kecamatan Siantar Marihat.(iNewsSiantar.id/Dinas Kominfo Pematang Siantar)

PEMATANG SIANTAR,iNewsSiantar.id- Tingkatkan produksi padi di kota Pematang Siantar, Wali Kota Susanti Dewayani minta penyaluran 20 ton bibit padi yang disiapkan tahun ini dibagikan tepat sasaran kepada petani.

Hadir di acara panen raya di Jalan Bah Kora Bawah,dusun Suka Selamat, kelurahan BP Nauli, kecamatan Siantar Marihat, Senin (8/5/2023) ,Susanti mengatakan Pemko Pematang Siantar memberikan perhatian besar kepada petani untuk meningkatkan produktivitas padi tahun ini.

" Melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian ,tahun 2023 ini ada 20 ton  bantuan bibit padi , yang dibeli dengan dana APBD Pematang Siantar sebanyak 7,5 ton dan APBN sebanyak 12,5 ton,yang akan didistribusikan kepada petani," ujar Susanti.

Dia berharap bibit padi bantuan pemerintah benar-benar disalurkan kepada petani produktif ,bukan kepada petani yang lahannya sudah beralih fungsi.

Susanti menambahkan untuk mewujudkan kemandirian pangan nasional, Pemko Pematang Siantar melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian telah melakukan peningkatan Indeks Pertanaman (IP) ,sebagai salah satu upaya dalam meningkatkan produksi padi dengan memanfaatkan teknologi, seperti penggunaan varietas unggul baru. 

Menurutnya sektor pertanian di Kota Pematang Siantar sesungguhnya memiliki potensi yang cukup besar, dengan luas sawah 1.314,5 hektare,sehingga sangat diperlukan keterlibatan seluruh pihak untuk optimalisasi produksi padi.

Sebelumnya Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Pemko Pematang Siantar Legianto P Manurung, melaporkan tahun 2023 akan disalurkan kepada petani sebanyak 20 ton bibit padi kepada petani.

"Bantuan benih padi bersumber dari dana APBD Pemko Pematang Siantar sebanyak 7.5 ton atau setara dengan luas pertanaman sebanyak 300 hektare, kemudian, bantuan benih padi dari sumber dana APBN melalui Dinas Ketahanan Pangan Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Sumatera Utara (Sumut) sebanyak 12,5 ton, atau setara dengan luas pertanaman 500 hektare", ujar Legianto.

Selain itu ada juga bantuan benih kacang tanah sumber dana APBD Dinas Ketahanan Pangan Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Sumatera Utara ,sebanyak 640 kilogram, setara dengan luas pertanaman 700 hektare.

Dia juga menyampaikan  di lokasi yang dilakukan panen bersama, telah dilaksanakan pengubinan, bersama pihak BPS Kota Pematang Siantar, dengan produksi padi per hektare (produktivitas) sebanyak 10,4 ton. 

Di acara itu Wali Kota Pematang Siantar, Susanti Dewayani, menyerahkan bantuan benih padi unggul bersertifikat secara simbolis kepada kelompok tani.

Editor : Riky Fernando Hutapea

Follow Berita iNews Siantar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut