get app
inews
Aa Read Next : Seruput Kopi Siantar yang Gurih dan Creamy

Dihadiri Ribuan Umat Katolik, Wali Kota Susanti Apresiasi Pesparani Dukung Pematang Siantar Maju

Minggu, 14 Mei 2023 | 23:37 WIB
header img
Wali Kota Pematang Siantar Susanti Dewayani menghadiri acara Pesparani Katolik di Lapangan H Adam Malik.(iNewsSiantar.id/Dinas Kominfo Pematang Siantar)

PEMATANG SIANTAR,iNewsSiantar.id- Wali Kota Susanti Dewayani mengapresiasi salah satu tujuan Pesta Paduan Suara Gerejani Katolik (Pesparani) ikut mendukung memajukan kota Pematang Siantar.

Susanti mengatakan mengapeesiasi dan sangat mendukung pelaksanaan Pesparani ,yang merupakan kegiatan seni budaya dan kerohanian dalam bentuk pagelaran lomba musik dan nyanyian liturgi.

Hal itu disampaikannya pada acara perayaan Pesparani kota Pematang Siantar , di Lapangan H Adam Malik, Minggu (14/5/2023).  

Kegiatan yang dihadiri ribuan umat Katolik itu diharapkan Susanti terus dilestarikan dan dijaga,sehingga tetap menjadi agenda rutin tahunan untuk pembinaan keagamaan di kota Pematang Siantar ,dan mendukung kemajuan dan pembangunan daerah.

" Pesparani merupakan aktivitas seni budaya dan kerohanian umat Katolik dalam bentuk pagelaran, lomba musik, serta nyanyian liturgi untuk meningkatkan pemahaman, penghayatan, dan pengamalan terhadap ajaran agama", ujar Susanti.

Disamping itu menurutnya Pesparani adalah salah satu wujud kekayaan multikulturalisme bangsa Indonesia, serta sebagai ajang membangun persaudaraan sejati. 

Kemudian yang tak kalah penting sebut Susanti,Pesparani juga sebagai momentum strategis dalam meningkatkan kerukunan hidup umat beragama, yang harmonis di kota Pematang Siantar, sebagai salah satu pilar kerukunan nasional.

Secara khusus dia berharap Pesparani tidak sekedar menjadi media perlombaan, namun juga sebagai upaya pembinaan mental, spiritual dan moral umat Katolik, sebagai perwujudan keimanan umat dalam memupuk tali persaudaraan, rasa kebersamaan dan kesatuan umat.

Ketua Umum Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Pesparani Katolik Daerah (LP3KD) kota Pematang Siantar ,Daud Simanjuntak mengatakan, peserta lomba berasal dari 10 gereja.

Menurutnya jumlah peserta lebih kurang 900 orang dan perayaan puncak Pesparani dihadiri lebih kurang 5.000 perwakilan umat Katolik serta biarawan dan biarawati yang berada di wilayah kota Pematang Siantar.

"Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Wali Kota Pematang Siantar beserta jajarannya ,yang berkenan hadir dan memberikan izin lokasi lapangan H Adam Malik serta fasilitas pendukung lainnya untuk kegiatan Pesparani," sebut Daud.

Pastor Paroki RP Markus Manurung OFM Cap mengatakan, perayaan Pesparani ke-4 bertujuan untuk mempersatukan diri demi membangun kota Pematang Siantar dengan semangat roh bersekutu, serta meningkatkan iman ke-Katolikan untuk berkontribusi kepada pemerintahan dan juga masyarakat.

"Pesparani ini menunjukkan identitas kita, dengan menghadirkan umat kita kurang lebih 5.000 orang dari empat Paroki di acara ini, menunjukkan kesatuan kita berjalan bersama untuk mendukung pemerintah dan mendukung program pemerintah untuk memajukan Kota Pematang Siantar yang kita cintai ini," ujar Pastor Manurung.

Editor : Riky Fernando Hutapea

Follow Berita iNews Siantar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut