get app
inews
Aa Read Next : Dua Warga Simalungun Pengedar Sabu Diringkus Polres Pematangsiantar

Tutup MTQ ke 49 Wakil Bupati Simalungun Harapkan Al-Qur'an Jadi Bagian Jiwa Generasi Muda

Senin, 06 Maret 2023 | 09:20 WIB
header img
Wakil Bupati Simalungun H Zonny Waldy menyerahkan hadiah kepada juara MTQ ke 49.pada acara penutupan.(iNewsSiantar.id/Ist)

SIMALUNGUN,iNewsSiantar.id- Tutup Musabaqah Tilawatil Qur’an ( MTQ) Ke- 49 ,kabupaten Simalungun, Wakil Bupati H Zonny Waldy berharap,generasi muda menjadikan Al-Qur’an  bagian dari jiwanya, sehingga dalam menjalani hidup tidak melakukan hal-hal yang melanggar ajaran agama.

Harapan itu disampaikan Zonny Waldy di acara penutupan MTQ ke 48 kabupaten Simalungun di kecamatan Pematang Sidamanik, Sabtu (6/3/2023) kemarin.

" Saya gembira karena banyak peserta yang masih muda-muda mengikuti MTQ ke 49 kabupaten Simalungun,mudah-mudahan generasi muda menjadikan Al-Qur’an  bagian dari jiwanya, sehingga dalam menjalani hidup tidak melakukan hal-hal yang melanggar ajaran agama", ujar Zonny.

Mantan Kadis Perindag Provinsi Sumatera Utara itu juga menyampaikan apresiasinya kepada para peserta dan pendamping, serta semua pihak yang berperan dalam mensyiarkan Islam melalui momentum perlombaan MTQ.

Kepada para peserta yang menjadi pemenang, dia mengingatkan jangan berpuas diri, akan tetapi teruslah berlatih, untuk membawa nama harum  kabupaten Simalungun di tingkat selanjutnya.

Penutupan MTQ tersebut ditandai dengan pembacaan Al-Qur’an oleh Siti Qoriah yang merupakan juara 3 MTQ tingkat Provinsi Sumatera Utara tahun 2022 dan Saritilawah Jazilah Adelina Lubis serta doa oleh Ketua MUI kabupaten Simalungun H Ki Darjat Purba.

Ketua panitia Afdoli sebelumnya mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia  kabupaten maupun kecamatan, dan semua pihak yang mendukung kegiatan MTQ ini meski cuaca kurang bersahabat namun berjalan dengan baik.

Selama berlangsungnya MTQ kata Afdoli, 723 peserta dari ecamatan se kabupaten Simalungun mendaftar .

Sedangkan cabang yang diperlombakan yaitu Mujawwad 4 golongan,  Tahfiz Qur'an 5 golongan,Fahmil Qur’an 1 golongan, Syarhil Qur’an 1 golongan dan Khottil Qur’an 4 golongan.

Dalam penutupan MTQ ke-49 tersebut para dewan hakim memutuskan bahwa peserta terbaik 1,2 dan 3 tidak secara otomatis menjadi utusan di MTQ tingkat provinsi Sumut yang akan berlangsung di Padang Lawas pada Mei 2023 mendatang, tetapi harus melalui seleksi yang akan dilaksanakan panitia. 

Sesuai dengan keputusan dewan hakim yang di sampaikan H Azrul Aswan Sirait ,sebagai juara umum MTQ ke 49 Kabupaten Simalungun tahun 2023 , Kecamatan Bosar Maligas.

 

Editor : Riky Fernando Hutapea

Follow Berita iNews Siantar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut