get app
inews
Aa Read Next : Pejabat Indonesia dan Pakistan Diam-diam Kunjungi Israel untuk Pembicaraan Rahasia

Orang Yahudi Ini Minta Izin Raja Salman Mau Pulang Kampung ke Najran Arab Saudi

Senin, 17 Oktober 2022 | 09:53 WIB
header img
Orang Yahudi yang tinggal di Israel David Shuker memohon izin kepada kepada Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud untuk pulang kampung di Najran, Arab Saudi. Foto/Screenshot Channel 13

“Kami adalah orang Yahudi yang terbuka. Hubungan antara komunitas Yahudi dan Muslim sangat dekat. Mereka bahkan membantu kami menjaga hari Sabat,” kata Shuker kepada Channel 13. 

“Mereka membutuhkan kami, dan terlepas dari semua itu, pihak berwenang memperlakukan kami sebagai warga kelas dua. Kami membayar pajak tengkorak—Jizya. Orang Yahudi tidak sama dengan Muslim." Shuker menyesalkan bahwa begitu Negara Israel didirikan, Arab Saudi menjadi lebih bermusuhan, bahkan mendorong orang-orang Yahudi di negara itu untuk berimigrasi ke Israel. 

"Hati mereka terbalik karena orang Palestina," kata Shuker. "Pada tahun 1948, atas perintah raja [Saudi], kami meninggalkan Najran dan mencapai perbatasan Yaman. Tentara Yaman menerima kami dengan baik. Mereka merawat kami dan kami berada di bawah perlindungan mereka," kata Shuker. 

Sementara dia meninggalkan Najran pada tahun 1948, butuh waktu hingga tahun 1951 untuk tiba di Israel.
 

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut