PEMATANGSIANTAR, iNewsSiantar.id - 5 tips kerja remote dari rumah atau work from home berikut ini memungkinkan individu untuk bekerja selama terhubung dengan teknologi.
Model kerja ini menghilangkan keharusan untuk datang ke kantor, menggantikannya dengan pemanfaatan koneksi internet dan perangkat digital sebagai alat utama untuk berkomunikasi dan menyelesaikan pekerjaan.
1. Semangat Kerja Mandiri
Menurut Flex Jobs, interaksi adalah tantangan utama kerja remote karena respons rekan kerja/atasan bisa lebih lambat. Karenanya, kemandirian dalam menyelesaikan tugas sangat penting. Pekerja remote harus mampu mencari solusi sendiri.
2. Kapabilitas Motivasi Diri
Salah satu karakteristik kerja remote adalah otonomi yang lebih besar karena minimnya pengawasan. Namun, kebebasan ini jika tidak diimbangi dengan kesadaran diri dapat memicu rasa malas dan penurunan motivasi.
Untuk menghindarinya, pekerja remote perlu memiliki kemampuan yang kuat dalam memotivasi diri sendiri untuk menuntaskan tugas-tugas setiap hari. Membangun kebiasaan membuat jadwal dan rutinitas yang jelas adalah langkah penting untuk menjaga fokus dan efisiensi kerja.
3. Komunikasi yang konstruktif
Salah satu skill terpenting untuk sukses dalam kerja remote adalah komunikasi yang efektif. Meskipun komunikasi tertulis seperti chat, email, dan SMS mendominasi, kemampuan komunikasi verbal melalui telepon dan video call juga tetap diperlukan. The Muse menyoroti bahwa skill komunikasi yang baik mencakup kemampuan merespons dengan jelas, cepat, dan tepat, memastikan efisiensi dalam alur kerja tim.
Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta
Artikel Terkait