get app
inews
Aa Read Next : Beli Pertalite dan Solar Subsidi Wajib Daftar Dulu Mulai 1 Juli 2022, Begini Penjelasannya

Menteri ESDM Sebut Harga Pertalite Mau Turun, Kapak Pak?

Jum'at, 01 Desember 2023 | 16:29 WIB
header img
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengemukakan kemungkinan penurunan harga BBM jenis Pertalite.Foto: Okezone.com

JAKARTA, iNewsSiantar.id - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengemukakan kemungkinan penurunan harga BBM jenis Pertalite.

Arifin menyatakan bahwa meskipun harga BBM non-subsidi menurun pada 1 Desember 2023, harga BBM Pertalite tidak akan mengalami perubahan dalam waktu dekat. Harga Pertalite tetap dipertahankan pada angka Rp10.000 per liter karena harga minyak dunia saat ini masih tinggi, sehingga kemungkinan penurunan harga Pertalite masih cukup jauh.

"Dengan harga minyak dunia saat ini mencapai USD82 (per barel), peluang untuk penurunan harga Pertalite tidak ada (masih jauh)," ungkapnya saat diwawancarai di Kementerian ESDM, Jakarta, pada Jumat (1/12/2023).

Pertamina telah menurunkan harga BBM non-subsidi mulai 1 Desember 2023 untuk Pertamax, Pertamax Turbo, Dexlite, dan Pertamina Dex. Penurunan harga ini didasarkan pada evaluasi harga rata-rata publikasi minyak dunia acuan, seperti harga publikasi Mean of Platts Singapore (MOPS)/Argus serta nilai tukar mata uang Rupiah.

Irto Ginting, Sekretaris Perusahaan Pertamina Patra Niaga, menegaskan komitmen untuk menyesuaikan harga BBM non-subsidi secara berkala sesuai dengan fluktuasi harga minyak dunia. Perubahan harga dilakukan setiap bulan, terutama pada rentang tanggal 25 hingga 24 pada bulan sebelumnya.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Siantar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut