get app
inews
Aa Read Next : KIP Sampaikan hanya 122 dari 372 Badan Publik di Indonesia yang Informatif

Tim Dokter AS Cangkok Jantung Babi ke Manusia, Ini Risiko yang Akan Terjadi 

Selasa, 26 September 2023 | 10:51 WIB
header img
Transplantasi atau cangkok jantung babi ke manusia dilakukan oleh para dokter dari University of Maryland Medical Center pada September 2023 lalu. Foto: Ilustrasi/ Freepik

JAKARTA, iNewsSiantar.id - Transplantasi atau cangkok jantung babi ke manusia dilakukan oleh para dokter dari University of Maryland Medical Center pada September 2023 lalu. Hal ini dilakukan lantaran dalam upaya upaya memperpanjang hidup seorang pria sekarat. 

Lantas bagaimana pandangan para dokter di Indonesia? Di mana anggota tubuh dari babi sendiri masih menjadi perdebatan untuk ditransplantasikan ke manusia.

Dokter spesialis jantung dan pembuluh darah dr Erta Priadi, SpJP, FIHA, menjelaskan terkait dengan prosedur transplantasi jantung babi ke manusia tersebut pada dasarnya masih bersifat percobaan. Maka masih ditemukan beberapa masalah dari proses pencangkokan itu, misalnya risiko penggumpalan darah pada pasien.

"Sepenuhnya belum dapat diaplikasikan secara normal. Itu sifatnya masih trial," katanya dalam konferensi pers secara virtual pada Senin (25/9/2023).

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut