get app
inews
Aa Read Next : Dua Warga Simalungun Pengedar Sabu Diringkus Polres Pematangsiantar

Bupati dan Ketua DPRD Simalungun Apresiasi TMMD Sukses Buka Jalan 5,2 Kilometer

Kamis, 10 Agustus 2023 | 15:42 WIB
header img
Bupati Simalungun Radiapoh H Sinaga dan Ketua DPRD, Timbul Jaya Sibarani menyerahkan bantuan bibit ikan nila kepada masyarakat di acara penutupan TMMD ke 177.(iNewsSiantar.id/Ist)

SIMALUNGUN,iNewsSiantar.id- Bupati Radiapoh Hasiholan Sinaga dan Ketua DPRD Simalungun Timbul Jaya Sibarani mengapresiasi pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-177, yang berhasil membuka jalan penghubung Kecamatan Paneo dan Sidamanik sepanjang 5,2 kilometer.

Apresiasi kepada TNI-AD disampaikan Bupati Radiapoh dan Ketua DPRD Simalungun Timbul Jaya Sibarani pada acara penutupan TMMD ke -177 di Lapangan Bola Panei Tongah,Kecamatan Panei,Kamis (10/8/2023).

Radiapoh mengatakan pelaksanaan TMMD membuka jalan penghubung Kecamatan Panei-Sidamanik sepanjang 5,2 kilometer sangat membantu pemerintah daerah dan masyarakat.

" Dengan pembukaan jalan yang dilaksanakan TNI AD melalui TMMD jarak tempuh Kecamatan Panei-Sidamanik dapat dilalui dalam waktu 20 menit dari sebelumnya 1 jam," ujar Radiapoh.

Radiapoh berharap keterlibatan TNI dalam pembangunan daerah dapat terus berkesinambungan, terutama untuk membuka akses jalan antar desa dan kecamatan.

Ketua DPRD Simalungun Timbul Jaya Sibarani juga mengapresiasi kegiatan TMMD yang sukses membuka jalan penghubung Kecamatan Panei dan Sidamanik.

" Pembukaan jalan penghubung antara Kecamatan Panei dan Sidamanik sangat membantu masyarakat dan pemerintah daerah,karena jika menggunakan APBD untuk membuka jalan tersebut biayanya akan sangat besar", ujar Timbul.

Politisi Partai Golkar itu, mengatakan atas nama masyarakat dan sebagai wakil rakyat sangat menyampaikan apresiasi yang tinggi dan penghargaan kepada TNI-AD,Kodam I Bukit Barisan, Korem 022 Pantau Timur, dan Kodim 0207 Simalungun serta pihak-pihak yang terlibat karena sudah membangu masyarakat dan pembangunan daerah.

Pangdam I/BB diwakili Danrem 022 PT, Brigjen TNI Luqman Arief mengatakan,sasaran TMMD yang sudah selesai diantaranya sasaran fisik, ini agar senantiasa dijaga dan dipelihara agar usia pakai dan manfaatnya dapat dinikmati oleh warga masyarakat dalam kurun waktu yang cukup lama.

Sedangkan sasaran non fisik diharapkan mampu membangun karakter bangsa yang akan mendorong Masyarakat untuk kompetitif demi terciptanya kemandirian bangsa.

Melalui sasaran fisik dan non fisik, TMMD dapat memberikan landasan kehidupan berbangsa dan bernegara yang selaras dengan cita-cita bangsa, yaitu mewujudkan kehidupan negara kesatuan republik Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Dandim 0207 Simalungun Letkol (Inf) Hadrianus Yossy selaku Komandan Satuan Tugas TMMD Ke-117 menyampaikan, pelaksanaan TMMD berlangsung selama 30 hari sejak 12 Juli hingga 10 Agustus 2023, di Deaa Mekar Sari Raya Kecamatan Panei dan Desa Manik Maraja, Kecamatan Sidamanik.

"Sasaran TMMD baik fisik maupun non fisik telah selesai dilaksankan dan berjalan dengan baik", ujar Hadrianus.

Dia menambahkan sasaran fisik meliputi pekerjaan permbukaan dan pembentukan badan jalan sepanjang 5200 meter dan lebar 8 meter, peningkatan jalan (Telford) sepanjang 800 meter dan lebar 3,5 meter, pembuatan drainase/parit tanah sepanjang 5200 meter, lebar 1 meter, kedalaman 1 meter, pekerjaan gorong-gorong sebanyak 11 unit.

Sedangkan sasaran non fisik berupa penyuluhan/sosialisasi bela negara, wawasan kebangsaan, pelayanan kesehatan, pertanian, pendidikan, hukum dan Kamtibmas, narkoba, KB Kesehatan, mitigasi bencana, lingkungan hidup dan kehutanan, pelayanan publik, posyandu dan posbindu PTM, stunting dan ketahanan pangan.

Personil yang terlibat dalam kegiatan TMMD sebanyak 200 terdiri dari TNI, Polri, Pemkab Simalungun dan masyarakat.

Di acara tersebut juga diserahkan bantuan sosial kepada masyarakat berupa 8 unit  kursi roda, 300 paket sembako, benih ikan nila sebanyak 7000 ekor kepada kelompok tani.

 

Editor : Riky Fernando Hutapea

Follow Berita iNews Siantar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut