get app
inews
Aa Read Next : Dua Warga Simalungun Pengedar Sabu Diringkus Polres Pematangsiantar

Baru Dibuka Bupati dan Wakil Bupati, PLK di Simalungun Sukses Pasarkan Komoditi Hortikultura Rp1,5 M

Selasa, 27 Juni 2023 | 12:06 WIB
header img
Bupati Simalungun Radiapoh H Sinaga didampingi Wakil Bupati H Zonny Waldy membuka Pasar Lelang Komoditas (PLK).(iNewsSiantar.id/Ist)

SIMALUNGUN,iNewsSiantar.id- Bupati  Radiapoh H Sinaga seriusi pemasaran komoditi pertanian Simalungun di pasar nasional.

Didampingi Wakil Bupati H Zonny Waldy, Bupati Radiapoh H Sinaga membuka Pasar Lelang Komoditas (PLK) yang diselenggarakan Dinas Perindustrian, Perdagangan, Energi dan Sumber Daya Mineral (Disperindag dan ESDM) Provinsi Sumatera Utara (Provsu), di Rest Area yang berlokasi di Kecamatan Purba, Kabupaten Simalungun,kemarin.

Di acara itu Bupati Radiapoh H Sinaga melepas pengiriman hasil pertanian komunitas jeruk dan kol dari Kabupaten Simalungun ke Pasar Keramat Jati Jakarta.

" Pemkab Simalungun sangat serius membantu pemasaran komoditi pertanian Simalungun di pasar nasional seperti Jakarta dan Batam", ujar Radiapoh.

Dia menambahkan Pasar Lelang Komoditas yang di selenggarakan Disperindag dan ESDM ,Provinsi Sumatera Utara sangat membantu pemasaran komoditi pertanian Simalungun ke pasar nasional.

" Pemkab Simalungun mengapresiasi Pasar Lelang Komoditas yang di selenggarakan Disperindag dan ESDM ,Provinsi Sumatera Utara karena sangat membantu pemasaran komoditi pertanian Simalungun ke pasar nasional,yanga dampaknya untuk peningakatan kesejahteraan petani", ujar Radiapoh.

Kepala Dinas Perindag dan ESDM Sumatera Utara  diwakili Sekretaris Dinas Yossi Sukmono, melalui zoom meeting juga menyanpaikan apresiasi atas kesiapan Kabupaten Simalungun mendukung program pemerintah provinsi.

"Saya berharap program Pasar Lelang Komoditas  dapat membantu daerah untuk meningkatkan perekonomian, dan juga dapat menjaga inflasi di daerah", sebut Yossi.

Menurutnya kegiatan itu juga diharapkan akan mampu membantu para petani untuk memasarkan hasil pertanian.

Usai pembukaan, dilanjutkan dengan pelaksanaan lelang komoditi tanaman hortikultura yang dipimpin Wakil Bupati Simalungun H Zonny Waldi.

Dalam lelang tersebut tercatat 11 komoditi yang berhasil di lelang diantaranya Tomat, Cabe, Jeruk,Kentang,Terong, Kubis/Kol, Bawang Merah, Ubi Jalar, Buncis dan Sawi Putih,dengan total hasil lelang sebesar Rp.1,5 miliar lebih.

 

Editor : Riky Fernando Hutapea

Follow Berita iNews Siantar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut