get app
inews
Aa Read Next : Dua Warga Simalungun Pengedar Sabu Diringkus Polres Pematangsiantar

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto Launching KPT- Simalungun,Ketua DPRD dan Bupati Apresiasi

Kamis, 22 Juni 2023 | 22:52 WIB
header img
Menko Perekonomian RI Airlangga Hartarto didampingi Wakil Gubernur Sumatera Utara,Musa Rajekshah, Bupati Simalungun Radapoh H Sinaga, memukul gong launching closed loop Kawasan Pertanian Terpadu Simalungun.(iNewsSiantar.id/Ist)

SIMALUNGUN,iNewsSiantar.id- Menteri Kordinator Bidang Perekonomian,Airlangga Hartarto melakukan launching closed loop Kawasan Pertanian Terpadu Simalungun (KPT-S)  bidang Agribisnis Hortikultura seluas 2.500 hektar di desa  Panribuan, kecamatan Dolok Silau, Kamis (22/6/2023).

Program Kementerian Perekonomian  itu diharapkan nantinya mampu menjadikan kabupaten Simalungun sebagai sentra pertanian hortikultura yang memberikan dampak pada peningkatan kesejahteraan petani.

Dukungan Kementerkan Perekonomian RI untuk KPT di Simalungun melalui program closed loop atau model kemitraan agribisnks dari hulu ke hilir yang dikembangkan dalam ekosistem berbasis digital diapresiasi Bupati Radiapoh dan Ketua DPRD Timbul Jaya Sibarani.

" Kawasan Pertanian Terpadu di Simalungun melalui program closed loop diharapkan dapat menjadi salah satu solusi terbaik dalam pengembangan pertanian di Simalungun yang merupakan sentra tanaman hortikultura", sebut Radiapoh.

Program itu juga diharapkan Radiapoh memberikan dampak pada peningkatkan kesejahteraan petani tanaman hortikultura di daerah-daerah yang menjadi sentra produksinya selama ini termasuk kecamatan Dolok Silou.

Hal yang sama disampaikan Ketua DPRD Simalungun, Timbul Jaya Sibarani yang menilai kedatangan Menko Pertanian Airlangga Hartarto memberikan berkah bagi masyatakat Simalungun.

" Sudah lama dinantikan masyarakat Simalungun kedatangan Menko Airlangga Hartarto,semoga kehadiran dan  dukungan Kementerian Kordinator Bidang Perekonomian RI untuk pembangunan pertanian Hortikultura di daerah ini membawa berkah bagi peningkatan kesejahteraan petani", sebut Timbul.

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto pada acara mengaki kagum dengan kemajuan pertanian hortikultura di Simalungun.

Ketua Umum Partai Golkar itu juga menyampaikan apresiasi kepada petani terkhusus di Simalungun, karena berkat petani inflasi di Indonesia selama pandemi Covid-19 tetap terjaga. 

"Selama pandemi Covid 10 kemarin, perekonomian di Indonesia tetap terjaga karena inflasi rendah, dikarenakan pangan tersedia,untuk itu saya berterima kasih kepada masyarakat khususnya petani di Simalungun," ujar Airlangga.

Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajekshah menambahkan  di tangan Menko Perekonomian, perekonomian di Indonesia tetap terjaga. 

"Pasca Covid-19 perekonomian Indonesia paling cepat perkembangannya, dan pertumbuhan," ujar Wagubsu.

Di acara yang dihadiri Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia Tanjung itu,Menko Perekonomian Airlangga Hartarto juga menyerahkan sertifikat tanah kepada petani.

Sedangkan bantuan pupuk,  penanggulangan kemiskinan ekstrim ,dan kursi roda, disampaikan oleh Wakil Bupati Simalungun H Zonny Waldi.

 

Editor : Riky Fernando Hutapea

Follow Berita iNews Siantar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut