get app
inews
Aa Read Next : Dua Warga Simalungun Pengedar Sabu Diringkus Polres Pematangsiantar

Kadis Kesehatan Pemkab Simalungun Imbau Masyarakat Tidak Sembunyikan ATM

Rabu, 24 Mei 2023 | 20:49 WIB
header img
Kadis Kesehatan Pemkab Simalungun,Edwin T Simanjuntak menjadi nara sumber pada forum penanggulangan Aids,Tuberkulosis dan Malaria (ATM).(iNewsSiantar.id/Ist)

SIMALUNGUN,iNewsSiantar.id- Kepala Dinas Kesehatan Pemkab Simalungun ,Edwin T Simanjuntak menghimbau masyarakat tidak menyembunyikan atau menutupi ,jika mengetahui ada kasus Aids,Tuberkulosis dan Malaria (ATM) di lingkungan keluarga atau tempat tinggalnya.

Dengan menginformasikan kepada Dinas Kesehatan, pencegahan penularan penyakit tersebut lebih luas lagi dapat dicegah.

Hal itu disampaikan Edwin pada acara pertemuan forum kemitraan penanggulangan ATM yang diselenggarakan Asosiask Dinas Kesehatan (Adinkes) di Sapadia Hotel Pematang Siantar, Selasa (23/5/2023) kemarin.

Menurut Edwin,ATM masih menjadi masalah kesehatan utama di dunia karena itu penanggulangannya harus dilakukan bersama dengan melibatkan media,LSM,pemerintah dan masyarakat serta pihak lainnya.

" Informasi yang diberikan kepada Dinas Kesehatan jika mengetahui adanya kasus Aids,Tuberkulosis dan Malaria (ATM) di sekitar lingkungan tenpat tinggal atau keluarga sangat membantu untuk dapat ditangani cepat dan mencegah penularannya", ujar Edwin.

Sasaran kegiatan forum penanggulangan ATM selain Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Simalungun juga 60 kepala desa, yang lingkungannya berpotensi terjangkit penyakit ATM,dengan narasumber Kadinkes Simalungun Edwin Tony Simanjuntak.

Kepala Bidang Kelembagaan Adinkes Sumut, Teguh Supriadi menyampaikan,tujuan kegiatan tersebut untuk memfasilitasi perencanaan negara berkaitan dengan ATM termasuk melibatkan anggaran di dana Desa. 

"  ADINKES diminta untuk mensosialisasikan atau mendorong supaya mendapat anggaran dana desa untuk pencegahan Aids, Tuberkolose, dan Malaria (ATM)", sebut Teguh.

 

Editor : Riky Fernando Hutapea

Follow Berita iNews Siantar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut