get app
inews
Aa Read Next : Dua Warga Simalungun Pengedar Sabu Diringkus Polres Pematangsiantar

Sambut Bulan Puasa IPEMI dan BKMT Simalungun Gelar Tarhib Ramadhan

Minggu, 19 Maret 2023 | 22:11 WIB
header img
Ketua IPEMI kabupaten Simalungun Hj Hidayah Herlina Gusti dan para ibu-ibu mengikuti Tarhib Ramadhan menyambut bulan Puasa.(iNewsSiantar.id/Ist)

SIMALUNGUN,iNewsSiantar.id- Sambut Ramadhan, Dewan Pengurus Daerah Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (DPD IPEMI) dan Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) kabupaten Simalungun, menggelar  webinar  dengan tajuk Tarhib Ramadhan Optimalisasi Produktifitas dan Kreatifitas Kader dan Pengurus IPEMI di bulan Ramadhan. 

Kegiatan Tarhib Ramadhan yang dihadiri ratusan ibu-ibu,anak-anak dan remaja berlangsung di halaman Yayasan UISU-Pematang Siantar ,Minggu ,(18/3/2023) juga diikuti langsung Ketua IPEMI kabupaten Simalungun Hj Hidayah Herlina Gusti.

Ketua IPEMI kabupaten Simalungun Hj Hidayah Herlina Gusti,mengatakan,Tarhib Ramadan  mengandung pesan yang cukup mendalam. 

" Bulan suci Ramadhan mendapat sambutan yang sangat meriah, tidak hanya di Indonesia, tetapi di seluruh penjuru dunia yang di dalamnya berdiam umat Islam, dan Tarhib Ramadan  adalah salah satu cara menyambut bulan Puasa dengan senang hati, dengan tangan terbuka, dengan penuh kebahagiaan baik jiwa dan raga", sebut anggota DPRD Sumatera Utara itu.

Istri Wakil Bupati Simalungun H Zonny Waldy yang dikenal aspiratif dan dekat dengan masyarakat terutama di kalangan ibu-ibu pengajian itu menambahkan,Ramadhan adalah bulan istimewa bagi masyarakat Muslim dan kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan bagian dari syiar menghidupkan bulan suci itu.

Disampaikan Hj Hidayah Herlina Gusti, kegiatan yang dilakukan masyarakat Muslim masih dalam batas kewajaran dalam syariat Islam, tidak ada hal aneh-aneh, yang dianggap nyeleneh, atau masih dalam akulturasi nilai-nilai dari masa dulu ke masa kini.

Kegiatan Tarhid Ramadhan, yang dilaksanakan IPEMI dan BKMT juga  diramaikan dengan berbagai acara perlombaan, seperti sepeda hias, sholawatan dan lain sebagainya.

"Bulan ramadhan datang untuk disyukuri. Ia datang untuk disambut dengan berbagai keindahan untuk mengajak segenap umat Islam melaksanakan ibadah Puasa," sebut Herlina.

Karena itu menuritnya sudah sepatutnya umat Muslim menyambut Ramadhan dengan suka cita,sebab, bulan Puasa merupakan ladang pahala karena diwajibkan berpuasa sebulan penuh dan juga bulan penuh ampunan dan diturunkannya Al-Qur'an.

Diakhir sambutannya dia mengatakan di dalam berpuasa terkandung hikmah membersihkan jiwa, menyucikannya serta membebaskannya dari endapan-endapan yang buruk (bagi kesehatan tubuh) dan akhlak-akhlak yang rendah.

Editor : Riky Fernando Hutapea

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut