get app
inews
Aa Read Next : Dua Warga Simalungun Pengedar Sabu Diringkus Polres Pematangsiantar

Kadis Kominfo Tertutup Dikonfirmasi, Pemberitaan Bupati dan Pemkab Simalungun Rawan Tak Berimbang

Minggu, 29 Januari 2023 | 12:07 WIB
header img
Kadis Kominfo Pemkab Simalungun Andri Rahadian (paling kiri barisan depan) ,saat dilantik Bupati Radiapoh H Sinaga, baru-baru ini.(iNewsSiantar.id/Ist)

SIMALUNGUN,iNewsSiantar.id- Kepala Dinas Kominfo Pemkab Simalungun yang baru Andri Rahadian sebagai juru bicara bupati dan pemerintah daerah, terkesan tertutup dan mengabaikan konfirmasi yang disampaikan wartawan.

Pasalnya Andri yang dikonfirmasi iNewsSiantar.id via pesan Whats App (WA) sejak beberapa hari lalu, terkait penambahan kekayaan Bupati Simalungun Radiapoh H Sinaga yang naik 2 kali lipat, dari saat pencalonan bupati ,sesuai dengan laporan yang disampaikan di LHKPN,dan adanya permintaan Sekda Simalungun Esron Sinaga kepada para pimpinan OPD untuk membantu pendanaan HUT Dharma Wanita akhir 2022 lalu, tidak pernah menanggapinya.

Padahal sebagai Kadis Kominfo Pemkab Simalungun mantan Kadis Pemuda dan Olahraga itu seharusnya komunikatif menanggapi konfirmasi wartawan, atau media, yang wajib dilakukan untuk menyajikan pemberitaan berimbang,serta menghindari adanya kesan berita tanpa konfirmasi yang nantinya justru diklarifikasi atau disampaikan hak jawab,setelah berita diterbitkan.

Ketua PWI Simalungun, Hasuna Damanik,SH menyayangkan sikap Kadis Kominfo Pemkab Simalungun Andri Rahadian yang terkesan tertutup dan tidak komunikatif kepada wartawan.

" Kadis Kominfo Pemkab Simalungun Andri Rahadian ,seharusnya tidak mengabaikan atau tidak menanggapi konfirmasi yang disampaikan wartawan  karena itu wajib dilakukan wartawan ,dalam menjalankan tugasnya,sehingga berita yang disajikan berimbang", ujar Hasuna.

Sebagai Kadis Kominfo Pemkab Simalungun, Andri menurut wartawan Harian Waspada itu, sebaiknya menjalin komunikasi yang harmonis dengan wartawan,sehingga nantinya pemberitaan terkait bupati dan Pemkab Simalungun, penyajiannya di media-media yang menjadi mitra kerja pemerintah daerah, tidak terkesan selalu negatif atau jelek.

Wakil ketua DPRD Simalungun Sasta J Sirait berharap jika Kadis Kominfo Andri Rahadian tidak mampu menjalin kerjasama dengan wartawan sebagai mitra kerjanya sebaiknya Bupati Radiapoh H Sinaga secepatnya mengevaluasi kinerja yang bersangkutan.

" Jika memang tak mampu bermitra dengan media,sebaiknya Bupati Simalungun segera mengevaluasi kinerja Kadis Kominfo,bila perlu segera diganti saja,karena saya menilai tidak mampu dan memahami tugasnya", ujar Sastra.

 

Editor : Riky Fernando Hutapea

Follow Berita iNews Siantar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut