Perempuan Begitu Dimuliakan dalam Islam, 6 Ayat Alquran Ini yang Menjelaskan

Novie Fauziah
.
Rabu, 14 September 2022 | 11:12 WIB
Perempuan dalam ajaran agama Islam begitu dijaga dan dimuliakan. Foto: Freepik

JAKARTA, iNewsSiantar.id -  Perempuan dalam ajaran agama Islam begitu dijaga dan dimuliakan. Dalam Alquran yakni Surat An Nisa yang termasuk golongan Madaniyyah atau diturunkan di Kota Madinah ini membahas tentang perempuan.

Di dalam Alquran ada Surah An Nisa yang khusus membahas tentang seluk beluk perempuan. Berikut ini beberapa ayat dalam surah tersebut:

Dikutip dari buku 'Bimbingan Islam untuk Hidup Muslimah' karya Dr Ahmad Hatta, banyak ayat terkait perempuan di dalam Alquran. Hal ini sebagai bentuk perhatian besar dari Allah Subhanahu wa ta'ala terhadap kaum perempuan.

1. Hak memperoleh mahar dalam pernikahan


Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman:

وَءَاتُوا۟ ٱلنِّسَآءَ صَدُقَٰتِهِنَّ نِحْلَةً ۚ فَإِن طِبْنَ لَكُمْ عَن شَىْءٍ مِّنْهُ نَفْسًا فَكُلُوهُ هَنِيٓـًٔا مَّرِيٓـًٔا

Artinya: "Berikanlah maskawin (mahar) kepada wanita (yang kamu nikahi) sebagai pemberian dengan penuh kerelaan. Kemudian jika mereka menyerahkan kepada kamu sebagian dari maskawin itu dengan senang hati, maka makanlah (ambillah) pemberian itu (sebagai makanan) yang sedap lagi baik akibatnya." (QS An Nisa: 4)

2. Wanita diciptakan dari tulang rusuk laki-laki

Allah Subhanahu wa ta’ala berfirman:

يَا أَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوا رَبَّكُمُ الَّذِي خَلَقَكُمْ مِنْ نَفْسٍ وَاحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَالًا كَثِيرًا وَنِسَاءً ۚ وَاتَّقُوا اللَّهَ الَّذِي تَسَاءَلُونَ بِهِ وَالْأَرْحَامَ ۚ إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيبًا

Artinya: "Hai sekalian manusia, bertakwalah kepada Tuhan-mu yang telah menciptakan kamu dari seorang diri, dan daripadanya Allah menciptakan istrinya; dan daripada keduanya Allah memperkembang biakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. Dan bertakwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) hubungan silaturrahim. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu." (QS An Nisa: 1)

Qatadah dan Mujahid mengatakan bahwa yang dimaksud jiwa yang satu adalah Nabi Adam Alaihissallam. Sedangkan pasangannya adalah Hawa. Qatadah mengatakan Hawa diciptakan dari tulang rusuk Adam. (Tafsir ath Thabari, 3/565, 566)

Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

"Sesungguhnya wanita diciptakan dari tulang rusuk. Dan sungguh bagian yang paling bengkok dari tulang rusuk adalah yang paling atasnya. Bila engkau ingin meluruskannya, engkau akan mematahkannya. Dan jika engkau ingin bersenang-senang dengannya, engkau bisa bersenang-senang tetapi padanya ada kebengkokan." (HR Bukhari Nomor 3.331 dan Muslim 3.632)

Hadis ini menunjukkan keharusan laki-laki berlaku lembut kepada wanita, bersikap baik terhadap mereka, bersabar atas kebengkokan akhlak dan lemahnya akal mereka. Selain itu, juga menunjukkan dibencinya menalak mereka tanpa sebab dan juga tldak blsa seseorang berambisi agar si wanita terus lurus. (Al-Minhaj, 9/299)

Halaman : 1 2 3 4 5
Bagikan Artikel Ini