Rumah Edukasi Pekerja-Buruh Dilaunching UPT Pengawasan Tenaga Kerja Wilayah VI di Tapanuli Tengah

Ricky Fernando Hutapea
Rumah Edukasi Pekerja/Buruh di wilayah Kota Sibolga dan Tapanuli Tengah, dilaunching UPT Pengawasan Ketenagakerjaan Wilayah VI,Disnaker Pemprovsu di Pandan.(iNewsSiantar.id/Ist)

PANDAN,iNewsSiantar.id- Dinas Tenaga Kerja Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Disnaker Pemprovsu), launching " Rumah Edukasi Pekerja/Buruh" di wilayah Kota Sibolga dan Tapanuli Tengah, Rabu (5/7/2023).

Launching " Rumah Edukasi Pekerja/Buruh" dilakukan Kepala Unit Pelaksana Tekhnis (UPT) Pengawasan Tenaga Kerja Wilayah VI Disnaker Pemprovsu,Bangun Nauli Hutagalung,SH.MH di Aek Tolang, Kecamatan Pandan, Kabupaten Tapanuli Tengah.

Hutagalung pada acara yang dihadiri para pimpinan organisasi buruh,perwakilan pengusaha, di Sibolga dan Tapanuli Tengah itu,mengatakan, keberadaan " Rumah Edukasi Pekerja/Buruh" , akan menjadi wadah informasi, komunikasi, diskusi, sosialisasi implementasi Undang-Undang Ketenagakerjaan yang berlaku, terkait kesejahteraan atau hak-hak para pekerja/buruh yang belum dipenuhi atau diabaikan pengusaha.

" Di Rumah Edukasi Pekerja/Buruh, mereka (pekerja atau buruh) akan diedukasi terkait masalah-masalah yang dihadapi, sehingga memiliki kemampuan membela dirinya sendiri, mampu berbicara melakukan negoisasi ,memperjuangkan haknya sesuai undang-undang ketenagakerjaan," sebut Hutagalung.

Menurut Hutagalung, pemenuhan perlindungan terhadap para pekerja/buruh menjadi tanggungjawab bersama semua pihak ,sesuai kewenangan dan tupoksinya masing-masing.

Dia menambahkan " Rumah Edukasi Pekerja/Buruh " siap menampung aspirasi para pekerja atau buruh.

Menurut Hutagalung, pemenuhan perlindungan terhadap para pekerja/buruh menjadi tanggungjawab bersama semua pihak sesuai kewenangan dan tupoksinya masing-masing.

Untuk saat ini menurut Hutagalung "  Rumah Edukasi Pekerja/Buruh" di Sibolga-Tapanuli Tengah, masih berjalan secara mandiri dan sangat mengharapkan perhatian dan dukungan para pemangku kepentingan demi tercapainya perlindungan hak-hak yang ditandai dengan meningkatnya kesejahteraan pekerja/buruh Sibolga -Tapteng.

Ketua DPC Federasi Serikat Buruh Perkebunan Indonesia (Serbundo) Tapanuli Tengah ,Raja Marojahan mengapresiasi keberadaan Rumah Edukasi Pekerja/Buruh yang digagasi Dinas Tenaga Kerja Provinsi Sumatera Utara.

Dia berharap dengan adanya Rumah Edukasi Pekerja dan Buruh tersebut, akan memudahkan pekerja atau buruh untuk berkonsultasi terkait masalah-masalah ketenagakerjaan.

Acara launching Rumah Edukasi Pekerja/Buruh  dihadiri pejabat terkait di lingkungan Pemko Sibolga dan Pemkab Tapanuli Tengah,pimpinan organisasi pekerja dan buruh ditandai dengan penekanan tombol sirine.

 

Editor : Riky Fernando Hutapea

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network