get app
inews
Aa Read Next : KIP Sampaikan hanya 122 dari 372 Badan Publik di Indonesia yang Informatif

KI Pusat Sampaikan Tahapan Monev 2024, Bentuk Komitmen Pimpinan Kunci Menuju Badan Publik Informatif

Rabu, 03 Juli 2024 | 16:28 WIB
header img
Ketua Komisi Informasi (KI) Pusat Donny Yoesgiantoro menegaskan mewujudkan Badan Publik yang informatif membutuhkan komitmen kuat dari pimpinan. Foto: Ist

JAKARTA, iNewsSiantar.id – Mewujudkan Badan Publik (BP) yang informatif membutuhkan komitmen kuat dari pimpinan. Hal ini ditegaskan oleh Ketua Komisi Informasi (KI) Pusat Donny Yoesgiantoro dalam kegiatan sosialisasi tahapan Monitoring dan Evaluasi (Monev) terhadap 370 BP di  Jakarta, Rabu (03/07/2024). Acara ini dilaksanakan secara hybrid (online dan offline).

Donny menekankan bahwa Monev bukan hanya kegiatan rutin, melainkan proses penting dalam perjalanan menuju Badan Publik Informatif. Komitmen pimpinan BP sangatlah menentukan kualitas pelayanan dan pengelolaan informasi publik, di tengah dinamika internal dan eksternal yang dihadapi.

“Semakin tinggi komitmen pimpinan, semakin baik pula pelayanan dan pengelolaan informasi publiknya,” jelas Donny. Ia berharap BP tidak hanya terpaku pada teknis Monev, tetapi secara aktif melaksanakan tugasnya dalam menyediakan informasi publik. Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) harus proaktif menyampaikan informasi, bahkan tanpa menunggu permohonan dari publik.

Donny juga mendorong BP yang telah mencapai predikat informatif (output) untuk meningkatkan kebermanfaatannya (outcome) bagi publik. Sosialisasi, edukasi, dan advokasi perlu dilakukan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang layanan informasi, sehingga sengketa informasi di Komisi Informasi dapat dicegah.

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut