get app
inews
Aa Read Next : Sekitar 10 Hektar Kawasan Hutan di Simalungun Terbakar, Kapolres Turun Tangan Memadamkan

Penolakan Konversi Teh ke Sawit Tak Digubris PTPN IV, Gemapsi Ajak Tokoh Simalungun Turun Tangan

Senin, 17 April 2023 | 18:38 WIB
header img
Perkebunan teh di Sidamanik kabupaten Simalungun, terlihat menyejukan dan selama ini sebagai objek wisata yang diminati.(iNewsSiantar.id/Ricky F Hutapea

SIMALUNGUN,iNewsSiantar.id-Gerakan Mahasiswa dan Pemuda Simalungun (GEMAPSI) mengajak 13 tokoh yang dihormati di kabupaten Simalungun untuk tangan bersama bergerak menolak  konversi tanaman teh menjadi kelapa sawit oleh PTPN IV di kebun Sidamanik.

Ketua Gemapsi Anthony Damanik didampingi Sekretaris Jahenson Saragih,Senin (17/4/2023) mengatakan, pihaknya sudah menyurati para tokoh Simalungun diantaranya Bupati Radiapoh H Sinaga, mantan Bupati JR Saragih Irjen Purn Wagner Damanik, anggota DPR RI Junimart Girsang,mantan Menteri Pertanian Bungaran Saragih,Darman Purba Ketua Forum Peduli Simalungun Jakarta ( FPSJ ) ,Jon Rison Purba, Ketua Majelis Kebudayaan Simalungun Indonesia (MKSI) dan Ketua Fraksi PDIP DPRD Sumatera Utara Mangapul Purba.

" Gemapsi akan mengajak para tokoh Simalungun tersebut turun bersama menolak konversi tanaman teh menjadi kelapa sawit karena penolakan masyarakat dan surat-surat yang disampaikan kepada Menteri Lingkungan Hidup bahkan Presiden RI hingga saat ini tidak dihiraukan PTPN IV", ujar Anthony.

Jahenson menambahkan sikap PTPN IV yang tidak menggubris penolakan masyarakat Simalungun menimbulkan kesan sikap meremehkan kepada warga lokal yang menjadi korban akibat konversi tanaman teh menjadi kelapa sawit.

Dia mengatakan konversi teh ke tanaman kelapa sawit, telah terbukti sangat merugikan dan menghancurkan sendi-sendi kehidupan masyarakat Simalungun,mulai dari hancurnya infrastuktur jalan,hancurnya lahan pertanian dan perladanga,tutup nya usaha-usaha perdagangan masyarakat, jika hujan  banjir melanda.rumah-rumah penduduk dan terganggunya masyarakat yang melintasi jalan yang harus menunggu berjam-jam hingga  hujan reda dan abanjir surut, serta masyarakat tidak lagi dapat bercocok tanam karena lahannya  dihantam banjir.

" Pihak PTPN IV hanya mementingkan untung tidak memikirkan dampaknya bagi masyarakat akibat konversi teh ke kelapa sawit di kebun Sidamanik", ujar Jahenson.

Senior Executive Vice Presiden Operation I PTPN IV,Fauzi Omar yang dikonfirmasi via pesan Whats App (WA) soal ajakan Gemapsi kepada tokoh masyarakat Simalungun untuk turun tangan menolak konversi teh menjadi tanaman sawit menjawab sedang rapat.

" Saya sedang rapat pak", balas Fauzi melalui pesan WA.

 

 

 

Editor : Riky Fernando Hutapea

Follow Berita iNews Siantar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut