get app
inews
Aa Read Next : Ditjen Imigrasi dan Garuda Indonesia Teken Kerjasama Layanan Khusus

Teken MoU Dengan USU Walikota Pematang Siantar Harapkan Kerjasama Majukan Pembangunan

Rabu, 15 Maret 2023 | 16:05 WIB
header img
Walikota Pematang Siantar Susanti Dewayani dan Rektor USU Muryanto Amin menandatangani MoU bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat.(iNewsSiantar.id/Dinas Kominfo Pematang Siantar)

MEDAN,iNewsSiantar.id- Walikota Pematang Siantar, Susanti Dewayani mengharapkan Universitas Sumatera Utara (USU) menjadi mitra aktif memajukan pembangunan daerah.

Harapan itu disampaikan Susanti pada penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) terkait pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat antara Pemko Pematang Siantar dan USU, Selasa (14/3/2023) sore.

Alumni pendidikan dokter spesialis anak Fakultas Kedokteran USU itu mengatakan universitas kebanggan masyarakat Sumatera Utara itu ,memiliki sejumlah keunggulan, di antaranya sumber daya manusia (SDM), perangkat kelembagaan yang kuat, dan mempunyai kemampuan untuk melakukan kajian serta penelitian. 

Sehingga USU diharapkan dapat menjadi agen pembangunan bagi pemerintah daerah, khususnya kota Pematang Siantar. 

" USU memiliki sejumlah keunggulan, di antaranya sumber daya manusia (SDM), perangkat kelembagaan yang kuat, dan mempunyai kemampuan untuk melakukan kajian serta penelitian,sehingga dapat menjadi agen pembangunan bagi kota Pematang Siantar", sebut Susanti.

Dia menambahkan sesuai Undang-Undang (UU) Otonomi Daerah,pemerintah daerah diberi keleluasaan dalam meningkatkan SDM. 

"Tentunya kerjasama antara Pemko Pematang Siantar dengan USU  adalah langkah strategis untuk membangun kota yang kami (Pematang Siantar) ," sebut Susanti.

Dia berharap kerjasama yang dilakukan akan berlanjut dan membawa kebaikan bagi USU dalam mengimplementasikan wujud pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi. 

"Pemko Pematang Siantar juga dapat menerima manfaat dengan melibatkan SDM yang ada serta berbagai hal lainnya. Sehingga kegiatan hari ini merupakan payung hukum buat kami", ujar Susanti.

Diharapkannya ke depan  akan banyak lagi kerjasama yang akan dilakukan, untuk percepatan pembangunan di Kota Pematang Siantar.

Rektor USU Muryanto Amin,  menyambut baik kerja sama dengan Pemko Pematang Siantar, yang dikukuhkan dalam bentuk penandatanganan nota kesepahaman atau MoU.

Muryanto berharap MoU tersebut dapat ditindaklanjuti dengan implementasi segera, yang didahului dengan penandatanganan perjanjian kerja sama, khususnya dengan mengedepankan fakultas-fakultas ataupun program-program studi yang terlibat langsung, sebagai mitra kerja sama dalam bidang-bidang yang telah disepakati. 

Kemudian harapnya  dapat dirumuskan secara mendetail konsep kegiatan, berikut output-nya yang akan dilaksanakan.

"Dengan demikian bisa disusun mana agenda yang bisa direalisasikan segera, dan mana yang menyusul kemudian. Sehingga target dan tujuan yang telah ditetapkan dalam pelaksanaan MoU ini bisa segera terwujud dengan baik," sebut Muryanto.

Turut bersama Walikota Susanti Dewayani,Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Pematang Siantar Johannes Sihombing ,Kabag Umum Ari Suaswandhy Sembiring.

Editor : Riky Fernando Hutapea

Follow Berita iNews Siantar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut