Ketua Dewan Pembina Puspolkam Indonesia Firman Jaya Kuliah Umum di USU

Ricky Fernando Hutapea
.
Selasa, 27 September 2022 | 10:53 WIB
Ketua Dewan Pembina Puspolkam Indonesia, Firman Jaya menyampaikan kuliah umum di USU,Senin (26/9/2022) kemarin.(iNewsSiantar.id/Ist)

MEDAN,iNews.id-Ketua Dewan Pembina Puspolkam Indonesia, Firman Jaya Daeli diundang menjadi dosen tamu pada kuliah umum di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara (FISIP USU), Senin (26/9/2022).

Pada kuliah umum yang dihadiri guru besar FISIP USU, Prof. Dr. Erika Revida, M.S. dan Dra. Februati Trimurni, M.Si., Ph.D (Ketua Program Studi Administrasi Publik FISIP USU), Firman Jaya menyampaikan materi kuliah umum berjudul " Pembangunan Kelembagaan Politik dan Penguatan Kualitas Otonomi Daerah" .

Ada banyak pokok pemikiran yang disampaikan Firman yang mantan anggota DPR RI itu diantaranya kelembagaan politik Indonesia berbasis pada konstitusi dan pada kedaulatan rakyat.

Kemudian Firman juga menyampaikan konstitusi Indonesia UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 telah mengamanatkan dan mengatur keberadaan kelembagaan politik beserta ekosistem utamanya.

"  Ada sejumlah kelembagaan yang bersifat Eelection. Hakekat kesifatan election dalam konteks tersebut adalah kelembagaan yang keanggotaannya berasal dari proses dan hasil Pemilihan Umum. Kelembagaan tersebut, antara lain : MPR-RI, Presiden RI /Kepresidenan), DPR-RI, DPD-RI, Pemerintahan Daerah (Kepala Daerah dan DPRD)," sebut Firman.

Secara umum Firman mengatakan pembangunan dan pengukuhan kualitas "Sistem"  kebajikan penyelenggaraan jajaran pemerintah daerah secara keseluruhan, menjadi perspektif yang mendorong dan mendukung penguatan otonomi daerah.

Editor : Riky Fernando Hutapea
Bagikan Artikel Ini