get app
inews
Aa Read Next : Nelayan di Nias Luka Parah Diserang Ikan Hiu saat Menyelam Mencari Gurita

Ratusan Guru Tidak Tetap Geruduk Kantor Bupati Nias Utara, Tuntut Formasi PPPK Dibuka Kembali

Senin, 29 Januari 2024 | 11:35 WIB
header img
Ratusan guru tidak tetap (GTT) di Kabupaten Nias Utara menggelar aksi demonstrasi di halaman Kantor Bupati Nias Utara, Jumat (26/1/2024). Foto: Imam Lase

NIAS UTARA, iNewsSiantar.id - Ratusan guru tidak tetap (GTT) di Kabupaten Nias Utara menggelar aksi demonstrasi di halaman Kantor Bupati Nias Utara, Jumat (26/1/2024).

Mereka menuntut agar formasi seleksi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) tenaga guru kembali dibuka pada tahun 2024 ini.

GTT di Kabupaten Nias Utara telah mengabdi puluhan tahun. Mereka menuntut agar pemerintah daerah setempat memberikan kepastian nasib mereka.

Menurut sejumlah GTT, seharusnya kuota formasi seleksi P3K tenaga guru wajib diusulkan oleh pemerintah daerah per 31 Januari 2024 ini sesuai Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia.

Selain itu, peserta aksi demonstrasi ini meminta kepada pemerintah daerah jika memungkinkan untuk diangkat tanpa melalui tahapan tes. Hal ini dikarenakan pada formasi P3K tahun 2023 lalu dicurigai adanya kecurangan data yang dilakukan oleh oknum calon P3K untuk memenuhi syarat pendaftaran. Sehingga ratusan peserta demonstrasi ini yang telah mengabdi puluhan tahun seolah tidak mendapat kesempatan lulus di tahap seleksi.

Menanggapi tuntutan dari peserta aksi demonstrasi, Pemerintah Daerah Kabupaten Nias Utara yang diwakili oleh Asisten Satu Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat mengatakan bahwa formasi P3K di Kabupaten Nias Utara untuk tahun 2024 ini terkendala akibat ketentuan yang berlaku.

Ketentuan yang dimaksud oleh pemerintah daerah ini tidak dapat diuraikan, sehingga pengusulan kuota formasi P3K tenaga guru tahun 2024 di Kabupaten Nias Utara masih belum dapat dipastikan.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Siantar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut