get app
inews
Aa Read Next : Luna Maya Main Api, Tak Izin ke Pacar Lakoni Adegan Panas di Series WeTV

Dukung Pengembangan Usaha Ultra Mikro ,PT PNM Salurkan Rp28 Triliun Modal Bunga Rendah

Kamis, 13 Juli 2023 | 16:31 WIB
header img
Program pemberdayaan dan pendampingan PT Permodalan Nasional Madani (PNM), meraih awards kategori BUMN Inspiratif Pegiat Usaha Ultra Mikro & Pemerataan Ekonomi.(iNewsSiantar.id/Ist)

JAKARTA,iNewsSiantar.id- Program pemberdayaan dan pendampingan PT Permodalan Nasional Madani (PNM) sukses meraih awards dalam kategori BUMN Inspiratif Pegiat Usaha Ultra Mikro & Pemerataan Ekonomi di acara Festival yang digelar ,8 Juli 2023 di The Dome, Senayan Park, Jakarta Selatan. 

Razaq Manan Ahmad selaku Executive Vice President Pengembangan dan Jasa Manajemen PT PNM, Kamis (13/7/2023) mengatakan, penyerahan awards dihadiri Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan , Menteri Tenaga Kerja ,Ida Fauziyah,Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo,Wakil Komisaris Utama Surya Citra Media,Suryani Zaini, dan Chief Content Officer KapanLagiYouniverse, Wenseslaus Manggut 

Razaq  mengatakan awards yang diberikan terukur dari kriteria penilaian yang meliputi program yang sudah dilakukan oleh PT PNM melalui pengembangan kapasitas usaha ,dalam bentuk pendampingan dan pemberdayaan.

"Melalui pengembangan usaha ultra mikro dan bantuan permodalan berbunga rendah,PT PNM berupaya membantu pecepatan usaha nasabah", ujar Razaq.

Dia menambahkan PT PNM juga berupaya mempererat,menjalin holding ultra mikro bersama PT BRI dan PT Pegadaian,khususnya pada pengembangan perempuan ultra mikro binaannya melalui Divisi program Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU).

Hingga 31 Mei 2023 ,PT PNM telah menyalurkan pembiayaan sebesar Rp28,38 triliun kepada nasabah PNM Mekaar yang berjumlah 14.602.490 juta orang. 

Saat ini PT PNM memiliki 62 cabang, 3.834 kantor unit layanan PNM Mekaar, dan 645 kantor unit layanan PNM ULaMM di seluruh Indonesia yang melayani UMK di 35 provinsi, 431 kabupaten dan kota, serta 6.014 kecamatan.

Menurut Razaq ,dalam mengembangkan pemberdayaan usaha ultra mikro khususnya kaum perempuan melalui bantuan permodalan berbunga rendah,PT PNM juga berkolaborasi dan bersinergi dengan  IPB untuk pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat. 

Dengan koloborasi tersebut, program PT PNM diharapkan dapat terintegrasi dengan penelitian dan pengembangan akademik, serta mahasiswa dapat mengembangkan dan mengamalkan Tridharma Perguruan Tinggi dan terciptanya inovasi dan pemerataan ekonomi bagi masyarakat ekonomi lemah. 

Menurutnya PT PNM memiliki 3 modal utama dalam mendukung pertumbuhan ultra mikro dan UMKM, yaitu finansial, intelektual dan sosial. 

" Modal finansial diberikan melalui pembiayaan usaha produktif, sedangkan modal intelektual melalui pendampingan antara lain pelatihan, berbagi info dan pengalaman", sebut Razaq.

Sedangkan modal sosial, PT PNM membangun kepedulian nasabah melalui jejaring usaha dan sinergi bisnis yang mampu membantu percepatan usaha nasabah.

“Dalam kegiatan ini, kami juga bantu nasabah untuk dapatkan NIB (Nomor Induk Berusaha), sertifikasi halal, sehingga nasabah bisa semakin maju dan naik kelas, dan dapat permodalan lebih formal dari bank umum”, ujar Razaq.

Editor : Riky Fernando Hutapea

Follow Berita iNews Siantar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut