get app
inews
Aa Read Next : Dikenal Licin Bandar Narkoba di Simalungun Ditangkap di Rumah Kontrakan

Motivasi Semangat Warga Jaga Kamtibmas, Polres Simalungun Gelar Lomba Pos Kamling

Sabtu, 03 Juni 2023 | 17:45 WIB
header img
Tim Polres Simalungun melakukan penilaian di salah satu Pos Kamling.(iNewsSiantar.id/Humas Polres Simalungun)

SIMALUNGUN,iNewsSiantar.id- Motivasi semangat masyarakat untuk menghidupkan kembali Pos Kamling di lingkungannya masing-masing Polres Simalungun menggelar lomba Pos Kamling di 32 kecamatan.

Kapolres Simalungun AKBP Ronald FC Sipayung,Sabtu (3/6/2023) mengatakan lomba Pos Kamling diharapkan membangkitkan kembali semangat masyarakat untuk berpartisipasi dalam kegiatan Pemelihaaraan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Harkamtibmas) dimulai di lingkungan tempat tinggalnya.

Pamen Polri yang murah senyum itu mengatakan,alam menjaga dan memelihara keamanan lingkungan, peran Pos Kamling menjadi salah satu kegiatan yang sangat membantu untuk menjaga Harkamtibmas.

" Pos ronda atau Pos Kamling sangat membantu menjaga kemananan dan keteriban di lingkungan masyarakat,dan  jika ada masalah di tengah masyarakat, yang mendesak mengenai keamanan,dapat ditangani dengan cepat sebelum polisi tiba menanganinya", sebut Ronald.

Keberadaan Pos Kamling, menurutnya selain menjaga keamanan lingkungan, juga bisa dijadikan sarana  warga berkumpul untuk saling gotong royong, wadah saling berbagi informasi dan komunikasi.

Sebab keamanan lingkungan bukan hanya perihal kejahatan, namun banyak hal semisal terjadi bencana dan kejadian darurat.

“Lomba Pos Kampling Polres Simalungun, sebagai bentuk komitmen Polri untuk menjadikan Simalungun, aman, damai, tentram, kondusif dan sejahtera,” sebut Ronald.

Wakapolres Simalungun Kompol Efianto, menambahkan Pos Kamling yang dinilai harus memiliki standar dengan melihat beberapa aspek, mulai aspek kesiapan, struktur, sumber daya manusia, sarana prasarana, kegiatan yang berkelanjutan.

“Ada 50 indikator yang dijadikan standar dalam penilaian lomba Pos Kamling,” ujar Efianto.

 

Editor : Riky Fernando Hutapea

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut