get app
inews
Aa Read Next : KIP Sampaikan hanya 122 dari 372 Badan Publik di Indonesia yang Informatif

Menunggu 41 Tahun  Pasar Horas Direvitalisasi Menjadi Semi Modren Berbiaya Rp62 Miliar

Kamis, 29 September 2022 | 19:27 WIB
header img
Sosialisasi revitalisasi pasar Horas Pematangsiantar oleh dirut PD Pasar Horas Jaya Toga S Sihite.(iNewsSiantar.id/PD Pasar Horas)

PEMATANG SIANTAR,iNewsSiantar.id- Pedagang Pasar Horas Pematang Siantar yang berjualan di gedung 4, patut bersyukur Kementerian Perdagangan akan merevitalisasi menjadi pasar semi modren tahun 2023 dengan alokasi anggaran Rp 62 miliar.

Pasalnya menurut pedagang pada sosialisasi rencana pembangunan pasar Horas oleh Plt Direktur Utama (Dirut) Perusahaan Daerah Pasar Horas Jaya, Toga Sehat Sihite, Kamis (29/9/2022) bangunan pasar memang sudah tidak layak lagi karena sudah 41 tahun tak pernah direhab atau dibangun.

Ketua asosiasi pedagang  gedung 4 pasar Horas, Edi Siburian mengatakan mendukung rencana revitalisasi pasar karena memang sudah lama dinantikan.

" Sudah lama dinantikan pedagang pembangunan gedung 4 pasar Horas, karena 41 tahun tak pernah direhab atau dibangun,semoga benar-benar terealisasi tahun depan", ujar Edi.

Dia menambahkan,  pembangunan pasar Horas menjadi semi modren otomatis akan meningkatkan taraf hidup  pedagang dengan meningkatnya pendapatan.

Sedangkan pelaksana tugas dirut PD Pasar Horas Jaya,Toga Sehat Sihite di hadapan pedagang menyampaikan, pembangunan pasar berlantai 4 di gedung 4, rencananya akan dikerjakan tahun  2023. 

"Pembangunan  direncanakan berbiaya sekitar Rp62 miliar  yang dananya bersumber dari bantuan  Kementerian Perdagangan Republik Indonesia," sebut Sihite.

Untuk mendukung pasar semi modren tersebut pihaknya menurut Sihite, sudah melakukan sejumlah persiapan  diantaranya edukasi dan sosialisasi dari Bank Indonesia  terkait sistem pembayaran non tunai QRIS.

Keberadaan pasar semi modren di Pematang Siantar tambahnya berpotensi sebagai pasar utama untuk menyuplai kebutuhan di daerah wisata super prioritas Danau Toba karena  jarak pasar ke kawasan  Danau Toba sangatlah terjangkau secara jarak dan waktu tempuh.

Editor : Riky Fernando Hutapea

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut