Wakil Gubernur Sumatera Utara Lepas 65 Perally Kejuaraan APRC di Parapat

Ricky Fernando Hutapea
.
Sabtu, 24 September 2022 | 18:57 WIB
Perally peserta kejuaran Asia-Pacific Rally Championship  2022 dilepas dari Parapat.(iNewsSiantar.id/Ist)

PARAPAT,iNewsSiantar.id- Wakil Gubernur Sumatera Utara, H. Musa Rajekshah berharap kejuaran Asia-Pacific Rally Championship  2022 (APRC),semakin mempromosikan kawasan Danau Toba melalui ajang sport tourism di mata masyarakat lokal dan internasional.

Hal itu disampaikannya pada ceremonial start yang diikuti65 perally nasional dan internasional,di Terminal Sosor Saba, Parapat, kecamatan Girsang Sipanganbolon,kabupaten Simalungun, Jumat (23/9/2022) kemarin.

" Pemerintah Provinsi Sumatera Utara mendorong  event ini ke depan dapat menjadi  event internasional di tingkat Asia Pasifik bahkan kejuaraan dunia. Karena kita pernah menjadi tuan rumah Kejuraaan Rally Dunia (WRC) pada tahun 1996 dan 1997," sebut Musa.

Wakil gubernur Sumatera Utara yang akrab dipanggil Ijek didampingi  Direktur Utama TPL, Venkateshwarlu Cheruku dan jajaran direksi, Anwar Lawden, Bupati Simalungun, serta Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Nanang Sukarna serta Ketua IMI Sumatera Utara, Harun Mustafa, melepas 65 perelly untuk adu kecepatan di llntasan Hutan Tanaman Industri (HTI ) PT.Toba Pulp Lestari (TPL)  Sektor Aek Nauli.

Sebelumnya Direktur TPL, Anwar Lawden mengatakanDanau Toba APRC 2022 menjadi momentum bagi para perally nasional dan internasional untuk menaklukkan Special Stage (SS) yang berada di areal HTI PT TPL.

" Event  APRC 2022 diharapkan dapat mendorong kebangkitan ekonomi Sumatera Utara, olahraga internasional, pariwisata Danau Toba sebagai salah satu destinasi super prioritas, dan alam Indonesia yang dikelola dalam komitmen berkelanjutan,” ujar Anwar.

Anwar menambahkan, Danau Toba APRC 2022 ini juga diharapkan mampu menciptakab multiplayer efek dalam peningkatan ekonomi masyarakat sekitar. 

Sebelumnya, lintasan rally di kawasan HTI TPL Sektor Aek Nauli pernah menjadi lokasi event internasional, yakni menjadi bagian lintasan Special Stage (SS) pada World Rally Championship (WRC) 1996 dan 1997 ,sehingga setelah 25 tahun vakum diharapkan event rally mendunia bisa lagi terlaksana tahun depan dengan tersedianya SS yang disiapkan PT TPL.

Federation Internationale de I’Automobile (FIA) dalam konferensi pers menjelaskan APRC putaran kedua akan kembali diadakan mengingat antusias yang sangat luar biasa dari para perally dan masyarakat sekitar.

Danau Toba Rally APRC 2022 menempuh jarak total 361,21 km yang dibagi dalam 2 Leg (etape) dan terdiri dari 12 SS. Leg-1 pada hari Sabtu (24/09) sepanjang 233,09 km memiliki 8 SS (special stage – lintasan khusus) dengan total panjang 105,10 km dan Leg-2 pada hari Minggu (25/09) sepanjang 128,12 km memiliki 4 SS dengan total 51,57 km.

Editor : Riky Fernando Hutapea
Bagikan Artikel Ini